Yadul ‘Ulya Bangun Sarana Produktivitas Pakan Ternak

Yadul ‘Ulya Bangun Sarana Produktivitas Pakan Ternak

451
0
SHARE
Berkondisi Sangat Memadai.
Tingkatkan Volume, dan Kualitas Produksi.

“Tingkatkan Volume, dan Kualitas Produksi.”

Garut News ( Jum’at, 03/04 – 2020 ).

Ponpes/Kuttab Modern Digital Yadul ‘Ulya di Kampung Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul Garut, membangun sarana  produktivitas pakan ternak secara besar-besaran. 

Produk pakan ternak tersebut, berupa magot maupun belatung dari telur lalat hitam, yang dipastikan bisa memenuhi kebutuhan usaha pesantren.

Instalasi Biogas.

“Selain diperuntukan bagi pakan peternakan lele, dan beragam jenis ikan air tawar juga sisa limbahnya dimanfaatkan untuk proses pemupukan organik agar sekaligus bisa meningkatkan kualitas kesuburan tanah,” imbuh Pimpinan Tahfidz Qur’an Garut, M. Angga Tirta.

Sedangkan manfaat lain, di antaranya mendidik para santri supaya mereka senantiasa dapat memaknai hikmah manfaat dari beragam sumberdaya tersedia di alam semesta ini untuk kemaslahatan, ungkapnya.

Bahkan selain dari belatung telur lalat hitam, pakan ternak pun kini gencar diproduksi dari limbah sayuran dapur.

Limbah sayuran dapur ini, masing-masing ditampung pada kemasan kotak maupun drum plastik yang ditutup rapat agar tak menyebarkan bau menyengat keluar.

Sedangkan pakan ternak berupa rumput untuk penggemukan domba terlebih dahulu dilakukan permentasi.

Kemudian limbah kotoran dombanya antara lain guna memenuhi kebutuhan instalasi biogas, yang juga limbahnya untuk memupuk tanaman serta menyuburkan tanah.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY