Warga Garut Nikmati Listrik Bentangkan Kawat Sendiri

0
23 views
Terpaksa Memanfaatkan Energi Listrik Dari Pos Ronda.
SUTR Berjaringan Kawat Berisolasi Dikemas Sangat Sederhana, Hanya Disangga Sedikitnya 18 tiang Bambu Juga Berkondisi Sangat Riskan.

“Tak Mampu Beli Tiang Listrik PLN”

Garutnews ( Ahad, 08/11 – 2020 ).

Seorang warga Garut di Kampung Eureun Sono Kecamatan Sukawening, sejak enam tahun silam terpaksa memanfaatkan kawat yang dibentangkannya sendiri sejauh sekitar 250 meter guna menikmati aliran listrik di rumahnya.

‘Saluran Udara Tegangan Rendah’ (SUTR) berjaringan kawat berisolasi yang dikemas sangat sederhana tersebut, hanya disangga sedikitnya 18 tiang bambu juga berkondisi sangat riskan memanjang di pinggiran lintasan jalan desa.

Pengrajin Loyang di Kampung Eureun Sono, Menjerit Akibat Desakan Pemenuhan Permodalan, Sangat Berharap Bantuan Dari Pemerintah.

Sedangkan sumber energi listriknya diperoleh dari meteran yang terpasang di  Pos Ronda, sehingga bisa menerangi satu keluarga pada satu-satunya rumah penduduk sepanjang lintasan jalan itu.

Pria berusia baya yang menjadi pemilik rumah ini katakan, pihak PLN pun sejak lama mengetahui pemasangan kawat ini, dan menawarkan pemasangan sekitar delapan tiang listrik masing-masing seharga Rp1,5 juta.

“Saya tak punya uang untuk memenuhinya, maka terpaksa memasang kawat sendiri daripada menunggu dan terus menunggu program listrik gratis,” katanya kepada Garutnews, Ahad (08/11-2020).

Dari arah berlawanan pun ke rumahnya berjarak 250 meter, sehingga posisi rumah berada di tengah-tengah dari lokasi yang selama ini terdapat gardu listriknya, katanya pula.

Berbahan Baku Alumunium, yang Harganya Cukup Mahal.

Pandemi corona berdampak pula semakin sulitnya perekonomian masyarakat saat ini yang hingga, Ahad (08/11-2020) Pukul 20:41:01 WIB, ada 12.534 Orang terpapar predator tersebut.

Terdiri Konfirmasi 915 orang dengan 16 kasus kematian, Probable 0 Kasus, Suspect 3.240 Orang, dan Kontak Erat
menembus angka 8.379 Kasus. (Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut).

******

Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here