Warga Garut Berswadaya Distribusikan Beningnya Air Pegunungan

0
23 views
Hasil Swadaya Masyarakat Juga Bisa Budidayakan Jenis Ikan Koi.

“Memanfaatkan Gravitasi Bumi”

Garutnews ( Sabtu, 05/12 – 2020 ).

Foto berita garutnews akhir pekan  ini, Sabtu (05/12-2020), memotret swadaya warga Kampung Pangadegan termasuk di RT. 02/20 Kelurahan Margawati Garut sehingga bisa menikmati beningnya air pegunungan.

Mereka selama ini bahu membahu  mewujudkan pemenuhan kebutuhan pokoknya berupa air bersih, yang memenuhi syarat kesehatan agar aman dikonsumsi juga untuk kebutuhan penting lainnya.

Bersih, Jernih, dan Bening.

Sehingga sepanjang ribuan meter pipa paralon maupun selang plastik terpasang pada setiap bak distribusi secara berantai mulai dari sumbernya di Leuwi Jambrong Gunung Karacak hingga ke hilir dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, air bersih tersebut.

“Dengan memanfaatkan gravitasi bumi, air mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke hilir.”

Jaringan Ditribusi.

Kualitas airnya pun sangat jernih, bening bahkan bisa membudidayakan jenis ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) maupun ikan karper bersulam emas atau perak meski pada kolam tradisional biasa.

Padahal di Jepang ikan berfamili Cyprinidaekoi itu, menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan, bisa hidup selama 25-30 tahun berkelas Actinopterygii dari kerajaan
Animalia.

Penampungan Serta Distribusi.

Masyarakat perkampungan pun memenuhi kebutuhan berwudhu minimal lima kali setiap harinya memanfaatkan air bersih itu.

Lantaran pada setiap jamban masjid juga dipasok air berumber dari  Leuwi Jambrong Gunung Karacak.

Menerapkan protokol kesehatan sekaligus berpola hidup bersih, dan sehat yang Islami. Bisa menjadi upaya penting mencegah penularan predator pandemi coronavirus disease 2019.

Bermanfaat Besar Hingga ke Hilir.

Hingga, Sabtu (05/12-2020) Pukul 19:01:48 WIB, keseluruhan kasus Covid-19 menerjang 20.034 penduduk Kabupaten Garut.

Mereka terdiri 2.154 terkonfirmasi positif, satu kasus probable, 3.800 suspect, serta terdapat 14.079 kasus kontak erat. (Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut).

*******

Esay/Fotografer : Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here