Upaya Cerdas Membangun Rumah di Surga

Upaya Cerdas Membangun Rumah di Surga

237
0
SHARE
Ahad (05/05-2024).

“Launching Yadul Ulya Masjid Bintang Lima Islami”

Garutnews  ( Ahad, 05/05 – 2024 ).

Safari dakwah Ust Riza Muhammad diselenggarakan DKM Masjid Yadul ‘Ulya di Kampung Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul Garut pada, Ahad (05/05-2024), dimulai Pukul 12.30 WIB, mengusung tema ‘Membangun Rumah di Surga’.

Masjid Bintang Lima Kampus Peradaban Ponpes Yadul ‘Ulya.

Sekaligus me-launching maupun mengenalkan Yadul Ulya sebagai Masjid Bintang Lima yang Islami di Kabupaten Garut, lantaran memiliki ragam fasilitas penunjang di antaranya sarana rehat sangat memadai antara lain tempat tidur, dan lainnya.

ZAKAT, berasal dari akar kata zaka berarti suci, berkah, tumbuh, dan berkembang. Adapun menurut istilah syariat, zakat harta yang wajib dikeluarkan kepada orang yang berhak menerimanya karena memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Dengan Pengelola Kampus Peradaban Ponpes Yadul Ulya.

Zakat merupakan pembersih diri dan harta dari kemungkinan diperoleh dengan jalan tidak halal. Membayar zakat juga menjadikan harta semakin tumbuh dan berkembang.

Seorang yang membayar zakat karena keimanannya nicaya memeroleh kebaikan banyak. Allah SWT berfirman, “Pungutlah zakat dari sebagian kekayaan mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka”. (QS : At-Taubah : 103)

Menjalin Silaturaim.

Sedangkan Infaq mengeluarkan sebagian harta benda dimiliki untuk kepentingan mengandung kemaslahatan. Dalam infaq tidak ada nishab.

Lantaran, infak boleh dikeluarkan orang berpenghasilan tinggi atau rendah, disaat lapang atau sempit (QS Ali ‘Imran [3] :134).

Masjid Yadul Ulya.

Infaq, ibadah sosial sangat utama. Kata infaq mengandung pengertian menafkahkan harta di jalan Allah tidak akan mengurangi harta, tetapi justru semakin menambah harta.

Kemudian Shodaqoh/Sedekah, pemberian sesuatu bersifat kebaikan berupa barang maupun jasa seseorang kepada orang lain tanpa mengharapkan suatu imbalan apapun selain ridha Allah SWT.

Sedekah Untuk Pembangunan Yayasan Qolbi Qur’an Center Mulai Rp500 Riu Hingga Rp5 Juta.

Hukum dan ketentuan shodaqoh sama dengan ketentuan infaq. Hanya saja jika infak berkaitan dengan materi. Shodaqoh/sedekah memiliki arti yang lebih luas.

Termasuk pemberian yang sifanya non materi, seperti memberi jasa, mengajarkan ilmu pengetahuan, dan memdoakan orang lain.

Sedekah menunjukkan, pengertian tentang kenenaran keimanan seseorang (shaddaqa). Dengan bershodaqoh/bersedekah berarti seseorang tidak hanya meyakini keimanannya dalam hati, namun juga mengaflikasikannya dalam kehidupan nyata. Wallahu a’lam.

Pemuka Agama Panawuan.

Demikian antara lain intisari yang detail mengemuka dari Ust. Riza Muhammad, yang juga senantiasa mengingatkan dengan mengutakan akirat maka dunia akan datang, dan tunduk.

“Maka kejarlah akhirat, namun jangan tinggalkan urusan dunia. Taungan yang sesungguhnya itu, Sedekah” 

Suarakan Visi & Misi Ponpes Yadul ‘Ulya.

*******

Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY