TPAJ Terminal Guntur Penyangga KSK Kabupaten Garut

0
44 views
Berlangsung Dinamis Sarat Dialogis.
Terbangun Komunikasi Efektif, dan Efisien.

“Bernilai Strategis Ekonomi Terhadap Pertumbuhan Kabupaten Garut”

Garutnews ( Selasa, 20/10 – 2020 ).

Pelaksanaan “Transformasi Terminal Penumpang Angkutan Jalan” (TPAJ) Tipe A Guntur Melati Garut, dipastikan bisa bernilai strategis ekonomi terhadap pertumbuhan kabupaten setempat.

Jika sejalan dengan kebijakan, dan strategi pemanfaatan ruang wilayah kabupaten, sebagai kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait yang batas dan sistemnya ditentukan berdasar aspek administratif dan/atau aspek fungsional.

Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Guntur Melati Garut, Sofyan Hidayat : Terminal Tak Hanya Layanan Transfortasi.

Lantaran terjadinya fenomena urban sprawl mengakibatkan pertumbuhan fisik kota meluas hingga ke wilayah di sekitar pinggiran yang merupakan ‘wilayah penyangga’
kota tersebut.

Berdasar Perda Kabupaten Garut Nomor 6/2019 Tentang Perubahan Atas Perda Nomor 29/2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Garut Tahun 2011 – 2031, menunjukan lokasi Terminal Tipe A Guntur Melati berada pada “Kawasan Strategis Kabupaten” (KSK).

Yakni KSK Perkotaan Garut terletak di Kecamatan Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, dan
Kecamatan Garut Kota. Merupakan wilayah yang penataan ruangnya diprioritaskan sebab berpengaruh sangat penting dalam aspek ekonomi, sosial budaya, lingkungan dan/atau pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi tinggi.

Menuai Kebersamaan.

Pertanyaannya, bisakah ‘TPAJ Tipe A Guntur Melati’ berdaya dukung maksimal sehingga dapat memainkan peranannya sebagai penyangga KSK Kabupaten Garut ????.

Optimis bisa, apabila tak hanya melaksanakan transformasi terminal tipe A, transformasi SDM, dan transformasi digital. Melainkan secara menyeluruh ‘menggebrak’ dengan humanis, persuasif juga edukasi memaksimalkan transformasi seluruh sumber daya termasuk ragam produk kearifan lokal bernilai adi luhung.

Juga masif menyinergikan kinerja visi, misi, dan tupoksi setiap seluruh para pemangku kewajiban (stakehorder) pada penyelenggaraan fungsi utama TPAJ juga fungsi tambahannya, sehingga bisa maksimal mewujudkan kemanfaatan sosial, ekonomi serta lingkungan. Sekaligus tanggap terhadap situasi dan tuntutan perubahan berkemajuan.

‘Membangun peningkatan kualitas peradaban bangsa’

Sebagai penyangga KSK Kabupaten Garut, TPAJ Tipe A Guntur Melati dituntut pula berkemampuan memberi insfirasi positif bagi siapapun pengunjung maupun pengguna jasa layanan transfortasi, bahkan kepada lingkungan masyarakat sekitarnya.

Yang pada gilirannya pula bisa ‘membangun peningkatan kualitas peradaban bangsa’ di tengah kepungan pandemi predator coronavirus disease 2019.

Hingga, Selasa (20/10-2020) Pukul 23:54:11 WIB, keseluruhan warga Kabupaten Garut terpapar wabah maut tersebut mencapai 10.080 kasus. Terdiri terkonfirmasi positif 437 orang, Probable 0 kasus, Suspect 3.148 orang, dan kontak erat 6.495 kasus.

Dengan berkemampuan mendulang ragam potensi setiap seluruh 2,637 jutaan penduduk Kabupaten Garut, yang tersebar pada wilayah seluas 307.407 hektare di sekitar 42 kecamatan, 21 kelurahan, dan 421 desa.

Mereka, sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten  Sumedang, Selatan dengan Samudera Hindia, Timur dengan Kabupaten Tasikmalaya, dan sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur.

Berjaringan jalan nasional rencana pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Nagreg – Ciamis – Banjar di Kabupaten pada ruas Kecamatan Kadungora – Kecamatan Malangbong, kemudian pemantapan ruas arteri primer berupa ruas Batas Kabupaten Bandung/Garut- Batas Kabupaten Tasikmalaya/Garut (Limbangan – Malangbong).

Demikian kontribusi pemikiran dari media online www.garutnews.com pada helatan ‘Focus Group Discussion’ (FGD), yang digelar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, di Terminal Tipe A Guntur Melati Garut.

Diselenggarakan secara marathon selama tiga hari sejak, Senin (19/10-2020), meliputi FGD Internal, Eksternal Mikro, dan FGD Eksternal Makro guna dijadikan kontribusi penentuan kebijakan Dirjen Perhubungan Darat.

******

Esay/Fotografer : Abah John. (Perintis Pendirian Lembaga Kantor Berita Nasional Antara di Manokwari Papua Barat, dan Perintis Pendirian Kantor Badan Nasional Narkotika RI di Kabupaten Garut).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here