Pejuang Berbambu Runcing di Bundaran Simlim Teramputasi

Pejuang Berbambu Runcing di Bundaran Simlim Teramputasi

361
0
SHARE
Kedua Tangan Pejuang Berbambu Runcing Termputasi.
Sarat Dikepung Bendera Parpol dan Iklan Luar Ruang, Tak Ada Kibaran Bendera Kebangsaan RI, Merah Putih.

“Diperparah Sarat Kepungan Bendera Parpol”

Garutnews ( Senin, 01/11 – 2021 ).

Kedua tangan pejuang dengan bambu runcing teramputasi padahal patung lelaki kekar berenergik tersebut, merupakan salahsatu dari lima monumen sejarah berikonik di  tengah Bundaran Taman Kota Simpang Lima Garut.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman pada ‘Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan’ (DLHKP) Kabupaten Garut, Gun Gun Sukma Utama, ST berharap pemeliharaan ornamen maupun monumen yang menjadi ranah kewenangan Disperkim kabupaten setempat itu, bisa segera diperbaiki.

Agar senantiasa berkondisi serasi dengan nilai estetika ‘Ragam Vegetasi Ekologis’ pertamanan sekitarnya, sehingga lingkungan kawasan ini bernorma kepatutan yang selalu layak dijadikan sumber inspiratif positif bagi siapa pun yang melintasinya.

Gun Gun Sukma Utama, ST.

Maka diperlukan perhatian strategis termasuk pada kondisi yang kian diperparah oleh saratnya kepungan pemasangan bendera parpol.

“Pihaknya berkoordinasi dengan institusi teknis terkait lain guna secepatnya menertibkan pemasangan bendera parpol, termasuk juga berharap lebih memadainya penambahan pemasangan lampu-lampu taman,” imbuh Gun Gun Sukma Utama di ruang kerjanya, Senin (01/11-2021).

Simpang Lima dikenal dengan sebutan Bundaran Simlim tersebut, memiliki lima monumen patung menghadap ke utara atau berhadapan dengan Gunungapi Guntur menggambarkan perjuangan. Sebagai ucapan selamat datang pula bagi siapa pun yang hendak memasuki kawasan Perkotaan Garut.

Berlokasi pada lima lintasan penghubung antara Jalan Pembangunan, Jalan Terusan Pembangunan, Jalan Cimanuk, Jalan Samarang, dan Jalan Otista.

Kelima patung manusia itu, terdiri patung perempuan menggendong bakul kemudian tiga patung lainnya merupakan prajurit perjuangan Kemerdekaan RI termasuk pemegang bambu runcing yang kedua tangannya rontok ditelan usia.

Serta patung Ulama bersorban berpembawaan khas nampak bijaksana, sangat bernuansakan filosofis. Sebab kemenangan dari perjuangan sebagai proses keberhasilan kerjasama, dan doa, serta dukungan kaum ibu termasuk petani.

*****

Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY