Shalat Itu Hebat

Shalat Itu Hebat

112
0
SHARE
Masjid Jami Kampung Adat Dukuh Cikelet.

18 Feb 2023, 03:30 WIB

Camping Ground D’Leuwi Wahana Wisata Islami, Bisa Untuk Beribadah.

“Shalat hebat itu merupakan proses revolusi mental spiritual, moral, dan sosial”

OLEH AHMAD AGUS FITRIAWAN

Shalat adalah tiang agama dan ibadah paling hebat dalam Islam. Sabda Rasul SAW, “Shalat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama; dan barangsiapa meninggalkannya, maka sungguh ia telah merubuhkan agama.” (HR Baihaqi).

Di antara kehebatan ibadah shalat. Pertama, amal pertama yang dihisab dan menentukan. Rasul SAW bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi.

Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR Tirmidzi).

Camping Ground D’Leuwi Wahana Wisata Islami, Bisa Untuk Beribadah.

Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya”

Kedua, hebat dari segi pensyariatannya, melalui audiensi langsung di Sidratul Muntaha setelah menempuh perjalanan mi’raj lintas alam, lintas langit, dan lintas ruang dan waktu.

Ketiga, hebat karena pewajiban shalat tidak hanya melalui wahyu (ayat) Alquran, tetapi juga melalui dialog langsung dan super eksklusif antara Nabi Muhammad SAW dengan Allah SWT.

Keempat, shalat juga merupakan ibadah hebat dari segi pengaturan waktunya. Pengaturan lima waktu shalat, Subuh, Zhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya merupakan edukasi pendisiplinan diri, manajemen waktu, dan refresh mental spiritual.

Lima waktu tersebut menunjukkan bahwa ibadah shalat itu bukan sekadar kewajiban agama, tetapi merupakan kebutuhan fisik dan mental spiritual manusia. Karena itu, salah satu amalan terbaik adalah shalat pada awal waktunya. (HR Bukhari-Muslim).

Kelima, shalat juga merupakan ibadah hebat dari segi desain gerak fisiknya. Takbir, rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, berdiri lagi, hingga salam dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri merupakan gerakan dasar yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk merelaksasi dan melancarkan sirkulasi darah.

 “Bacaan dan doa dalam shalat juga merupakan amalan hebat”

Keenam, bacaan dan doa dalam shalat juga merupakan amalan hebat. Takbir sebagai bacaan terbanyak dalam shalat (94 kali untuk shalat wajib sehari semalam) sarat dengan pesan tawadhu, rendah hati, tidak sombong, dan tidak angkuh.

Sujud (34 kali) mengandung pesan ketaatan dan kepasrahan dalam beribadah kepada Allah SWT. Salam (10 kali) menyerukan perdamaian dan solidaritas kemanusiaan.

Ketujuh, shalat juga merupakan ibadah hebat dari segi syarat dan rukunnya. Wudhu, suci badan, pakaian, dan tempat shalat dari najis merupakan syarat sah shalat.

Kesucian lahir dan batin merupakan prasyarat beraudiensi dengan Allah Yang Mahasuci. Kesucian hati, pikiran, dan badan menjadi sempurna jika semua rukun shalat dilaksankan dengan tertib, tenang, dan khusyuk.

Shalat hebat berfungsi sebagai penghapus kesalahan dan dosa. Shalat hebat itu berat, kecuali bagi orang yang ikhlas dan khusyuk (QS al-Baqarah [2]: 45) dan selalu memelihara shalatnya (QS al-Ma’arij [70]: 34).

Shalat hebat itu merupakan proses revolusi mental spiritual, moral, dan sosial yang dapat membentuk kepribadian takwa, menjadi antivirus dan benteng pertahanan moral dari perbuatan keji dan mungkar (QS al-‘Ankabut [19]: 45).

Shalat hebat sejatinya merupakan pemenuhan panggilan shalat dan panggilan kemenangan (azan) dari Allah SWT.

Wallahu a’lam.

******

Republika.co.id/Ilustrasi Fotografer : Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY