Sekda Garut Ajak Lembaga Pendidikan Maknai Adiwiyata

Sekda Garut Ajak Lembaga Pendidikan Maknai Adiwiyata

199
0
SHARE
Sekda Garut Sampaikan Adiwiyata Untuk MAN 5 Cibatu.
Didampingi Kepala DLH Kabupaten Garut.

“Tiga Lembaga Pendidikan Peroleh Adiwiyata”

Garutnews ( Rabu, 16/10 – 2022 ).

Sekda Garut Drs H. Nurdin Yana, MH mengajak seluruh lembaga pendidikan di kabupatennya bisa secara paripurna lebih memaknai sekaligus menerapkan Adiwiyata atau Green School.

Berupa pembentukkan sikap anak didik, dan warga sekolah terhadap lingkungan. Yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

Agar kelak jika bekerja, sikap tersebut bisa berlanjut diterapkan dalam sikap kerja bijaksana serta peduli lingkungan, terutama sekitarnya dan didukung dengan Program adiwiyata.

Adiwiyata Untuk SDN 4 Wanakerta Cibatu.

Demikian diungkapkannya saat menyampaikan penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten Garut masing-masing kepada SDN 4 Wanakerta, MAN 5 Cibatu, serta SMP IT Al Mashduqi Garut di Kantor ‘Dinas Lingkungan Hidup’ (DLH) kabupaten setempat, Rabu (16/10-2022).

Kepada Garut News Sekda Nurdin Yana juga antara lain katakan, Adiwiyata merupakan salahsatu program kementrian negara lingkungan hidup bertujuan mendorong terciptanya pengetahuan, dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup.

Berdasar Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 05/2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata menyatakan, sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

SMP IT Al-Masduki juga Peroleh Adiwiyata pada 2022 Ini.

Sebagai salahsatu tempat baik juga ideal yang diperoleh segala ilmu pengetahuan dan beragam norma serta etika, yang menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Berfungsi agar seluruh pelajar ikut terlibat dalam segala aktivitas persekolahan demi menuju lingkungan sehat, serta mampu menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Sedangkan tujuannya secara umum guna mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan juga berbudaya dalam lingkungan, dengan menciptakan kondisi yang lebih baik bagi sekolah.

Bersama Peduli Lingkungan.

Agar menjadi wahana pembelajaran juga penyadaran segenap warga sekolah di antaranya murid, guru, orang tua/wali murid, dan lingkungan masyarakat demi terciptanya upaya pelestarian lingkungan hidup.

Sekda berharap pula agar BKSDA, dan Perhutani pun bisa meningkatkan kolaborasi bersama lembaga pendidikan juga masyarakat, dalam menjaga, memelihara, serta melestarikan lingkungan.

Kepala DLH Kabupaten Garut, H. Jujun Juansyah Nurhakim, ST, MT didampingi Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati pada DLH kabupaten setempat, Asep Robi Nugraha, ST, M.Si mengapresiasi terhadap prestasi lingkungan ketiga lembaga pendidikan tersebut.

Asep Robi Nugraha (paling kiri).

“Bahkan juga diharapkan bisa meraih prestasi juara pada penilaian Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Barat, serta Tingkat Nasional,” antara lain imbuh Jujun Juansyah Nurhakim serta Asep Robi Nugraha.

******

Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY