SE2016 Potret Potensi Ekonomi Garut Selain Pertanian

SE2016 Potret Potensi Ekonomi Garut Selain Pertanian

912
0
SHARE

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Kamis, 07/01 – 2015 ).

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kepala BPS Kabupaten Garut, Bambang Suyatno, SH, MM menyatakan penyelenggaraan “Sensus Ekonomi” (SE) 2016 di kabupaten setempat, memotret ragam potensi ekonomi secara riel selain pertanian di wilayahnya.

Dengan melibatkan sedikitnya 2.727 petugas lapangan mitra statistik, diluar pegawai BPS. Diagendakan berlangsung pada 1-31 Mei 2016 mendatang.

Dimaksudkan guna memeroleh data dasar dari unit usaha/perusahaan yang bergerak di pelbagai aktivitas usaha, kecuali usaha pertanian.

Dikemukakan, secara khusus SE2016 bertujuan menyajikan data dasar unit usaha/perusahaan, dan aktivitas usaha di luar usaha pertanian hingga wilayah administrasi terkecil (small area statistics).

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Disusul, kata dia kepada Garut News di ruang kerjanya, Kamis (07/01-2016), menyusun peta dan direktori perusahaan “Usaha Menengah Besar” (UMB) yang lengkap, dan terpadu untuk setiap wilayah kabupaten/kota.

Kemudian memeroleh populasi UMB, dan “Usaha Mikro Kecil” (UMK) menurut wilayah maupun lapangan usaha, menyusun kerangka sampel (sampling frame) survey bidang ekonomi, kecuali wilayah kabupaten daerah pedesaan.

Juga guna mendapatkan informasi lain, seperti penggunaan internet dalam kegiatan usaha (online), sistem waralaba (franchise), serta kepemilikan unit usaha/perusahaan (ownership).

Sedangkan data dasar yang dikumpulkan, mencakup jumlah unit usaha/perusahaan menurut wilayah, lapangan usaha, maupun skala usaha, disusul nilai produksi/penjualan/pendapatan usaha menurut wilayah, lapangan usaha maupun skala usaha.

Disusul pula, jumlah tenaga kerja menurut wilayah, lapangan usaha, dan skala usaha. Serta karakteristik dan informasi lain seperti jaringan usaha, penggunaan internet dalam kegiatan usaha (online), sistem waralaba (franchise, kepemilikan usaha (ownwrship), dan klasifikasi usaha.

Juga dikemukakan, selain UMB,UMK, dan seluruh unit usaha/perusahaan, termasuk BUMN, Sekolah dan Rumah Sakit menjadi cakupan SE2016, ungkapnya antara lain.

Dia menyerukan, agar bisa menerima petugas sensus ekonomi, serta menjawab seluruh pertanyaan dengan jujur, lantaran penyelenggaraan SE2016 sama sekali tak ada hubungannya dengan pajak.

Bahkan terdapat jaminan kerahasiaan informasi berdasar Undang-undang No. 16/1997 Tentang Statistik, ujarnya, antara lain pula menambahkan.

********

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY