Memotret Kuttab Yadul ‘Ulya di Taman Surga

0
35 views
Miniatur Ar-Raudhah pada Galeri Makkah Madinah Garut.
Ar-Raudhah di Masjid Nabawi Madinah Arab Saudi.

“Berproses Belajar Luar Kelas”

Garutnews ( Kamis, 11/02 – 2021 ).

Foto berita garutnews memotret para santri/santriwati Kuttab Yadul ‘Ulya Garut menjalani proses pembelajaran luar kelas di Ar-Raudhah, Taman Surga Masjid Nabawi Kota Madinah Arab Saudi, Kamis (11/02-2021).

Sebagaimana Sabda Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, ما بين بيتي ومنير روضة من رياض الجنة

“Apa yang berada antara rumahku dan mimbarku merupakan taman dari taman-taman surga”, hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim.

Ust. Syahrul. (paling kiri).

Raudhah di Masjid Nabawi dari timur (sebelah kiri kiblat masjid) dibatasi dengan rumah Aisyah radhiyallahu anha sekarang makam Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.

Dari barat dibatasi dengan mimbar Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Dari selatan, yaitu kiblat persis sejajar dengan ujung mihrab Nabi (ujung depan masjid lama).

Belajar di Luar Kelas juga Berwisata Islami.

Sedangkan dari utara dibatasi dengan garis sejajar dengan ujung akhir rumah Aisyah radhiyallahu anha.

Ibnu Hajar rahimahullah menyatakan pendapat ulama tersimpulkan atas tiga pendapat,

Pertama, tempat ini mirip seperti taman-taman di Surga. Orang yang duduk dan beribadah di sana akan merasakan ketenangan seperti tenang dan tentramnya di taman surga.

Khutbah Shalat Jum’at di Ar-Raudhah Masjid Nabawi.

Kedua, Ibadah di tempat ini merupakan penyebab masuk surga, dan Ketiga, tempat ini akan diangkat dan dipindahkan ke surga.

Ibnu Hajar rahimahullah berkata, “Seperti taman dari taman-taman surga dari sisi turunnya rahmat dan datangnya kebahagiaan yang timbul karena melazimi halaqah-halaqah zikir, terlebih  pada zaman beliau Shallallahu alaihi wa sallam atau maknanya adalah ibadah di tempat tersebut mengantarkan kepada surga. Maka, ini adalah majas atau sesuai dengan zahirnya bahwa tempat tersebut benar-benar taman surga secara hakikat, yaitu zat tempat itu akan dipindahkan ke surga di akhirat kelak” Fathul Baari.

Miniatur Ka’bah.

Miniatur Ar-Raudhah tersebut, ada di “Galeri Makkah dan Madinah”. Termasuk terdapatnya miniatur Ka’bah, Gua Hira, juga Mihrab Rasulullah SAW.

Ditemukan pula puluhan maket tentang Rumah Rasulullah SAW, Masjid Nabawi, Masjidil Haram, dan lainnya. Juga dimilikinya theater video.

Ka’bah di Masjidil Haram Makkah.

Sehingga bisa diketahui sekaligus meresapi perjuangan, serta dakwah Rasulullah SAW antara lain melalui penjelasan detail dari Tour Guide, Ust. Syahrul pada rangkaian wisata bernuansakan Islami ini.

Miniatur Gua Hira.
Kumandang Adzan di Ar-Raudhah Masjid Nabawi.
Maket Rumah Rasulullah SAW.
Sains.
Theater Video.

***

Fotografer : Abah John. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here