Sampah Organik Baitulmal Yadul ‘Ulya Diapresiasi Baznas

0
44 views
Perwakilan Agro Park Ponpes Yadul 'Ulya (paling kiri) Bersilaturahim Dengan Ketua Baznas Kabupaten Garut.
Kampus Peradaban Ponpes/Kuttab Yadul ‘Ulya Garut.

“Role Model Pengembangan Pesantren Indonesia”

Garutnews ( Selasa, 02/01 – 2021 ).

Ketua “Badan Amil Zakat Nasional” (Baznas) Kabupaten Garut, Rd H. Aas Kosasih, S.Ag., M.Si mengapresiasi positif  ‘Program Sedekah Sampah Organik Baitulmal Yadul ‘Ulya,’ yang bisa mewujudkan ‘Keberkahan Bersama’.

Bersedekah sampah organik bersama Baitulmal Yadul ‘Ulya menjadi program penunjang pendidikan Qur’ani di Ponpes tersebut dengan melibatkan beragam pihak di antaranya masyarakat pemberi sampah organik.

Agropark Yadul ‘Ulya mengelolanya, serta santri penghafal Qur’an penerima manfaat, bahkan masyarakat pun tak hanya dapat bersedekah harta, melainkan dengan sampah organik juga bisa.

Di ruang kerjanya, Selasa (02/02-2021), Aas Kosasih juga katakan program ini bisa menjadi ‘role model’ pemanfaatan sampah organik bagi pengembangan pesantren di Indonesia.

Sampah organik itu diproses pengolahan menjadi pakan maggot oleh Agropark Yadul ‘Ulya, sehingga bersiklus maggot berkesinambungan.

Sedangkan produk budidaya maggot minimalnya menggulirkan telur maggot bernilai ekonomis, maggot pun menjadi pakan ternak ayam. Maupun kas maggot yang digunakan pupuk ragam tanaman dan perkebunan pada Agropark Yadul ‘Ulya.

“Beragam produk peternakan, pertanian juga perkebunan ini dimanfaatkan menghidupi pemenuhan kebutuhan para santri penghafal Qur’an di Ponpes Yadul ‘Ulya.” 

Sedangkan sasaran program ramah lingkungan dengan mewujudkan sampah menjadi berkah itu, bersumber dari sampah buangan masyarakat, hotel, rumah sakit, rumah makan, serta sampah bersumber dari para pedagang kaki lima.

Teknis penyelenggaraan programnya terdiri sedekah bisa diantarkan langsung ke Baitulmal Yadul ‘Ulya, bisa diantarkan ke titik point terdekat yang ditentukan, Tim Baitulmal Yadul ‘Ulya menjemput sampah organik di titik point.

Serta sampah organik juga bisa diserahkan ke Agro Park Yadul ‘Ulya guna diolah menjadi pakan maggot.

*******

Abah John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here