Ragam Potensi RTH Garut Bisa Tanggulangi Kemiskinan

0
22 views
Bertebaran Pemasangan Bendera Parpol, Berakibat Sangat Merusak Nilai Estetika Pertamanan.
Selain Merusak Pemandangan, juga Menjadi Tidak Lagi Memberikan Inspirasi Positip Bagi Warga Kota, Maka Diharapkan Aparat Satpol-PP Sebagai Penegak Perda Bisa Segera Menertibkannya.

“Perlukan Penataan dan Pemberdayaan Maksimal”

Garutnews ( Rabu, 08/12 – 2021 ).

Kendati hingga kini masih diperlukan upaya penataan dan pemberdayaan secara maksimal, namun ragam potensi ‘Ruang Terbuka Hijau’ (RTH) di Kabupaten Garut bisa menanggulangi kemiskinan masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Lantaran selama ini kian banyak didatangi para pengunjung sehingga bisa semakin digali potensinnya yang bernilai ekonomi, antara lain dengan menyertakan produk kreativitas masyarakat melalui penataan anjungan penyediaan makanan serta minuman ringan.

“Bahkan penyediaan jasa penyewaan kendaraan bermotor jenis Jeep, untuk menyelusuri lintasan RTH di perbukitan kaki Gunungapi Guntur,” imbuh Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman pada ‘Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan’ (DLHKP) Kabupaten setempat, Gun Gun Sukma Utama.

Ragam Potensi ‘Ruang Terbuka Hijau’ (RTH) di Kabupaten Garut Bisa Menanggulangi Kemiskinan Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19.

Kepada Garutnews juga mengemukakan, Rabu (08/12-2021), RTH pada sepanjang bantaran maupun ‘Daerah Aliran Sungai’ (DAS) Cimanuk pun berpotensi dijadikan wahana wisata.

Sebagaimana pada rangkaian pengamatan pemberdayaan RTH saat ‘Bertadabur Alam’ di Yogyakarta, dan Magelang baru-baru ini.

Dikatakan, totalitas RTH saat ini di Kabupaten Garut mencapai 68.887,77 m2 termasuk tiga hektare areal pemakaman.

RTH di kabupatennya itu, terdiri pula 26 taman kota, dan delapan hutan kota seluas 5,58 hektare dari keseluruhan RTH seluas 68.887,77 hektare, ungkapnya.

Dikemukakan, RTH tersebut segera diproses persertivikatan tanahnya guna mewujudkan penertiban aset berikut hutan dan taman kota.

Selain itu, diagendakan pula setiap hutan taman kota dengan penyebutan nama nama para Pahlawan Perjuangan RI.

“Karena itu senantiasa diperlukan pembangunan berwawasan lingkungan, sebab jika lingkungan rusak berdampak kita yang terancam. Maka harus diwujudkan jalur hijau berdaya dukung lingkungan, dan kemampuan lahan,” imbuh Gun Gun Sukma Utama pula.

Sebagaimana RTH berfungsi ekologi perkotaan, ruang warga bisa berekreasi dan bersilaturahmi, memerindah kawasan perkotaan dengan fungsi estetisnya, menjadi pembatas antara satu ruang dengan ruang lainnya yang beda peruntukan, serta memenuhi fungsi pendidikan.

“Dijadikan Media Luar Ruang”

Pemantauan Garutnews, seputar RTH maupun hutan kota juga pertamanan di Garut selama ini kerap dijadikan media luar ruang.

Di antaranya dengan banyaknya ‘Bertebaran Pemasangan Bendera Parpol, Berakibat Sangat Merusak Nilai Estetika Pertamanan’ tersebut.

Sehingga selain merusak pemandangan, juga menjadi tidak lagi memberikan inspirasi positip bagi warga kota, maka diharapkan aparat Satpol-PP sebagai penegak Perda bisa segera menertibkannya.

*****

Abah john.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here