PUPR Apresiasi Yadul ‘Ulya Manfaatkan Sampah Plastik

PUPR Apresiasi Yadul ‘Ulya Manfaatkan Sampah Plastik

247
0
SHARE
Sekdis PUPR Edy Kuntoro, ST.

“Wujudkan Sampah Menjadi Berkah”

Garutnews ( Selasa, 02/07 – 2024 ).

Dinas ‘Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang’ (PUPR) Kabupaten Garut sangat mengapresiasi positif pemanfaatan limbah sampah plastik oleh Pesantren Tahfidz, Yadul ‘Ulya Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul.

Lantaran upaya tersebut bisa mencegah terjadinya luapan banjir dari drainase kiri, dan kanan pada sepanjang lintasan ruas badan jalan, bahkan dapat menghindari luapan air bersumber dari irigasi, yang diakibatkan oleh tumpukan maupun sumbatan sampah.

Iwan Hambali.

Demikian dikemukakan Sekretaris Dinas PUPR kabupaten setempat, Edy Kuntoro, ST, Selasa (02/07-2024), saat menyelenggarakan Pertemuan/Rapat intern di lingkungan UPT pada Dinas PUPR Kecamatan Tarogong Kidul.

Dia mengingatkan, formula pemanfaatan sampah plastik itu agar menjadikan penguatan motivasi serta inovasi baru bagi setiap seluruh jajaran UPT PUPR di lingkungannya, sebagai upaya mencegah banjir maupun luapan genangan air di jalan, tandas Edy Kuntoro.

Juga Diapresiasi Positif Kalangan Akademisi, Dr Jajang.

“Wujudkan Sampah Menjadi Berkah”

Kepala UPT pada Dinas PUPR Kecamatan Tarogong Kidul, Iwan Hambali antara lain katakan, pengelolaan pemanfaatan limbah sampah plastik itu segera dilaksanakan pada lingkungan keluarga.

Kemudian secara bertahap, terencana juga terukur dijadikan percontohan nyata antara lain di lingkungan saudara/famili terdekat, tetangga, perkantorannya serta pada masyarakat pada wilayah kerja UPT Tarogong Kidul.

Pertemuan/Rapat Intern.

Menurutnya, masyarakat sangat memerlukan contoh maupun bukti nyata ketika menyosialisasikan dan mengadvokasi mereka agar bisa mewujudkan sampah menjadi berkah, imbuh Iwan Hambali, antara lain menambahkan.

Antara lain pula dihadiri Kepala UPT PUPR Garut Kota, Cisurupan serta jajaran UPT PUPR Tarogong Kidul.

Sebelumnya Garutnews melaporkan, Pesantren Tahfidz Yadul ‘Ulya di Kampung Panawuan Tarogong Kidul Garut, pada upaya mewujudkan kemandiriannya. Kini antara lain mengembangkan ekonomi kreatif berbasis lingkungan.

Menyarankan Memproduk Lantai/Jalan dari Bahan Baku Sampah Plastik.

Sekaligus ikutserta menanggulangi permasalahan limbah sampah plastik dengan memanfaatkannya menjadi bahan baku pembuatan moda angkutan bermanfaat berupa perahu maupun rakit.

Sehingga selain bisa menjadi daya tarik para pengunjung Camping Ground & Resto D’Leuwi, juga sekaligus dapat dijadikan wahana pelatihan SAR bagi para santri di Kampus Peradaban tersebut.

Malahan anak-anak asal penduduk sekitar pesantren pun dapat pula ikutserta memanfaatkannya.

Upaya ini dilakukan sambil menunggu peluang adanya bantuan pemerintah berupa mesin pengolahan sampah plastik.

Demikian dikemukakan Pimpinan Yayasan Tahfidz Yadul ‘Ulya, M. Angga Tirta Widya di Camping Ground & Resto D’Leuwi, Jum’at lalu.

Diingatkan, tanpa melalui proses pengolahan pun bisa memanfaatkan limbah sampah plastik melalui kreativitas serta inovasi.

“Apalagi jika bahan baku ini diawali dengan proses pengolahan dengan mesin pengolahnya,” tandasnya.

********

Esay/Fotografer : Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY