Pesantren Tahfidz Yadul ‘Ulya Tingkatkan Kualitas Amanah

0
17 views
Mengutamakan Pendidikan Adab.
Mengutamakan Pendidikan Adab.

“Gelar Wisuda Angkatan Pertama”

Garutnews ( Sabtu, 18/06 – 2022 ).

Seluruh pengelola Pesantren Tahfidz, Yadul ‘Ulya Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul Garut konsisten berkomitmen meningkatkan kualitas amanah maupun kepercayaan dari masyarakat terhadap lembaga pendidikan keagamaan tersebut.

Dengan senantiasa mendahulukan adab kemudian memberikan ilmu kepada para peserta didik. Lantaran “Adab menurut Rasulullah SAW adalah pendidikan tentang kebajikan”.

Mengutamakan pendidikan adaba atau ‘adab’ maupun kesopanan, sopan santun, tata krama, moral, nilai-nilai, yang dianggap baik oleh masyarakat.

Wisudawan Kampus Peradaban Pesantren Tahfidz, Yadul ‘Ulya.

Demikian intisari yang mengemuka dari para pengelola pesantren ini, saat menggelar “Wisuda 16 Tahfidz Madrasah Angkatan Pertama, dan Pembagian Raport” di Kampus Peradaban itu, Sabtu – 18 Dzulqodah 1443 H (18/06-2022).

Mengutip pernyataan Abu Isma’il al-Harawi, pengarang kitab Manazil as-Sa’irin, dimaksud dengan adab menjaga batas antara berlebihan dan meremehkan serta mengetahui bahaya pelanggaran. Keberhasilan seseorang biasanya ditentukan oleh adab dimiliki.

Adab menurut Rasulullah SAW, pendidikan tentang kebajikan yang merupakan bagian dari keimanan.

Menurut Ensiklopedia Tasawuf Imam al-Ghazali karya Luqman Junaedi, adab menurut Rasulullah SAW, pendidikan tentang kebajikan yang merupakan bagian dari keimanan.

Masih di buku sama, al-Hujwiri berpendapat, adab merupakan keindahan dan kepatutan suatu urusan agama atau dunia. Kesemuanya itu dipengaruhi oleh tingkat pendidikan. Karena itu, pendidikan memiliki nilai kemanusiaan yang tinggi.

Konsisten berkomitmen meningkatkan kualitas amanah.

Nilai-nilai ketaatan kepada Allah SWT dan cinta kepada Rasulullah SAW biasanya berdasar pada pendidikan moral. Seseorang yang tidak peduli dengan pendidikan moral, ia tidak akan mampu mencapai derajat kesalihan.

Agar dicintai Allah SWT, segala sesuatu dilakukan harus bersih dan terpuji. Sehingga, adab merupakan bagian dari keseluruhan kegiatan ibadah.

Konsisten berkomitmen meningkatkan kualitas amanah.

Menutup aurat, berwudhu, mandi, bersuci, dan berhias merupakan bagian dari adab. Semata-mata hal itu dilakukan karena mereka akan menghadap Allah SWT.

Adab atau kesopanan di hadapan Allah juga diperintahkan langsung. Ini seperti perintah berbusana yang baik dan sopan ketika shalat. “Pakailah pakaian yang indah ketika memasuki masjid.” (QS al-Araaf [7] : 31).

Dan, adab tidak terbatas pada persoalan personal dan transendental. Tetapi, juga mencakup tata krama berinteraksi dengan sesama.

Agar dicintai Allah SWT, segala sesuatu dilakukan harus bersih dan terpuji. Sehingga, adab merupakan bagian dari keseluruhan kegiatan ibadah.

Tentu berbeda antara adab terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya dan adab kepada guru, murid, orang tua, atau tetangga, misalnya.

Demikian mengemuka yang juga dihadiri para orangtua santri, di masjid Yadul ‘Ulya Garut.

Keberhasilan seseorang biasanya ditentukan oleh adab dimiliki.
Keberhasilan seseorang biasanya ditentukan oleh adab dimiliki.

******

Pelbagai Sumber/Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here