Menuju Garut “Zero Waste” Warnai HPSN 2024

Menuju Garut “Zero Waste” Warnai HPSN 2024

82
0
SHARE
HPSN 2024 Garut.

“Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif”

Garutnews ( Selasa, 27/02 – 2024 ).

Talk Show Menuju Garut “Zero Waste” bernara sumber Dr Giyatno dari Pemkab Ciamis, antara lain mewarnai penyelenggaraan ‘Hari Peduli Sampah Nasional’ (HPSN) 2024 di Gedung Pendopo Garut, Selasa (27/02-2024).

“Tak hanya pentahelix melainkan multihelix berpendekatan agama, dan sosial dengan pemberian penghargaan yang berhasil mewujudkan sampah menjadi berkah, diawali pemilahan sampah anorganik, organik serta sampah residu”.

Membangun Komunikasi Dialogis & Humanis.

Demikian di antaranya mengemuka dari presentasi Giyatno pada talk show yang antara lain dihadiri PJ Bupati Barnas Adjidin juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten setempat, Jujun Juansyah Nurhakim, ST, MT.

Jujun Juansyah Nurhakim kepada Garutnews katakan pula, cara cerdas menangani sekaligus mengelola persampahan yakni dengan komitmen kuat merefleksi diri setiap inidividu.

Penandatanganan Fakta Integritas.

“Selain pemberian penghargaan bagi yang berhasil berinovatif mengelola persampahan, juga diperlukan sanksi bagi siapa pun yang tidak konsisten dengan komitmennya itu,” tandasnya.

Berlangsung pula komitmen bersama, penandatanganan fakta integritas pengelolaan sampah secara mandiri oleh Pemkab Garut.

Menengadah Dengan Lengkingan Puisi Lingkungan.

Namun peserta talk show, John Doddy Hidayat berpendapat selain pendekatan agama, dan sosial. Diperlukan pula pendekatan hukum menyusul karakter masyarakat kabupatennya beda dengan kabupaten lainnya.

Jujun Juansyah Nurhakim.

Pendekatan hukum tersebut, berupa kejelasan pemberian penghargaan juga sanksi. Sehingga helatan HPSN yang diselenggarakan saban tahun tidak terjebak pada kegiatan seromonial serta protokoler.

Menjadi Bagian Dari Solusi.

Melainkan diharapkan bisa membuahkan keberhasilan maksimal, mewujudkan karakter masyarakat termasuk dalam mengatasi permasalahan sampah plastik dengan cara produktif, implementasi didukung kesadaran tinggi.

Hanya Kepada Allah SWT Memohon, Sebaik-baiknya Pelindung & Pemberi Pertolongan Nya.

Selain itu juga sangat diharapkan adanya kebijakan pemerintah yang bisa mengendalikan volume beragam produk industri berbahan baku plastik, agar tak hanya masyarakat yang direpotkan mengatasi dampak buruk sampah plastik.

*******

Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY