Memotret Potensi Dusun Tergenang Ujung Utara Subang

0
35 views
Dusun Tergenang.
Dusun Tergenang.

“Berkondisi Sumberdaya Belum Maksimal Digali”

Garutnews ( Jum’at, 12/11 – 2021 ).

Pada bentangan pantai di ujung utara Kabupaten Subang, Jawa Barat, terdapat Dusun Pondok Bali kini dihuni sekitar 300 kepala keluarga atau seribu lebih penduduk, yang selama ini terbiasa tergenang luapan muara ujung utara.

Luapan muara Pantai Utara Jawa ini, juga kian diperparah kian meningkatnya intensitas abrasi di antaranya berdampak pada pemukiman warga lingkungan RT.03/02 Desa Mayangan Kecamatan Legonkulon Kecamatan Subang, Jawa Barat.

Geliat Kehidupan Tetap Berjalan.

Padahal geliat sosial ekonomi di perkampungan nelayan tersebut, sangat berpotensi bisa maju dan berkembang, jika beragam sumberdaya yang tersedia maksimal digali dan diberdayakan bagi kemaslahatan masyarakat.

Termasuk potensi religi hingga kini masih belum tersentuh upaya pengembangan industri pariwisatanya, meski penamaan Pondok Bali sama sekali tak ada kaitan maupun hubungannya dengan Pulau Bali.

Geliat Kehidupan Tetap Berjalan.

Melainkan berdasar legenda yang hingga sekarang diyakini sebagian warga setempat, sebutan Pondok Bali justru terkait erat dengan penyebaran ajaran Agama Islam oleh para Wali ke Daerah Subang. Di sinilah para Wali dipercaya pernah tinggal menyelenggarakan musyawarah.

Sedangkan Pondok Bali berasal dari kata Pondok berarti tempat tinggal serta Bali dari kata Wali yang berubah huruf awalnya menjadi “B”.

Potensi Perikanan Laut.

Dahulunya dipercaya pula ada sumur air tawar dibuat oleh para Wali untuk ber-wudhu, sebab di daerah ini umumnya berair payau.

Sekarang, ada menu ikan bakar terkenal antara lain jenis ikan etong bakar yang khas, nikmati pula es kelapa muda pantai utara.

Kerap Tergenang Air Laut.

Bisa dijamah dari pusat kecamatan Pamanukan kemudian melintas ke utara menuju Desa Mayangan.

Masyarakat setempat, juga dipastikan menunggu perhatian bahkan kepedulian serius pemerintah pada upaya pengembangan daerah, juga solusi efektif terhadap ragam permasalahan yang dihadapi selama ini.

Lintasan Menawan Muara Pantai di Ujung Utara Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Lantaran pemerintah dari semua lini maupun tingkatan, merupakan pemangku kewajiban yang perlu bukti, bukan hanya janji.

****

Esay/Foto : JDH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here