Maknai Mudik Kembali Keasal Jati Diri

0
28 views
DR H. Cece Hidayat, M.Si.
Kepala Kemenag Kabupaten Garut.

“337 Narapidana Peroleh Remisi”

Garutnews ( Kamis, 13/05 – 2021 ).

Mendalami dan memaknai mudik lebih substantif, yakni pulang kampung keasal kita dilahirkan dan kembali keasal jati diri manusia untuk lebih mengenali diri sendiri.

“Agar kita semakin sadar hanyalah hamba ciptaan Allah SWT yang sangat lemah,” imbuh Kepala Kemenag Kabupaten Garut Dr H. Cece Hidayat, M.Si selaku Khatib Shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid Agung Garut, Kamis (13/05-2021). Dengan Imam Ketua DKM Masjid Agung Garut.

Shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid Agung Garut.

Dia juga mengajak mudik untuk lebih menyadari kelemahan kita, supaya semakin dekat dengan Yang Maha Kuasa. Serta bisa menyadari kita lebih mementingkan urusan akhirat daripada kepentingan dunia, katanya.

Karena itu, kita mudik untuk lebih empati kepada sesama manusia guna meningkatkan kesolehan sosial dan solidaritas sesama.

“Lantaran banyak orang di PHK, kebodohan dan kemiskinan masih menjadi masalah bangsa,” katanya pula.

Terapkan Protokol Kesehatan Juga Tidak Bersalaman.

Dikemukakan, membebaskan manusia dari kebodohan, keterbelakangan, dan kemiskinan tak hanya memberi bekal ilmu serta keterampilan.

Melainkan dengan membangun kualitas berpikirnya, mengembangkan hati yang bersih dan memerkokoh keimanannya, ingatnya.

“Itulah, jati diri sebenarnya yang dapat membangun kualitas hidup,” imbuh Cece Hidayat.

Diingatkan pula, ukuran keberhasilan pendidikan tak hanya dari kemampuan menjawab sejumlah soal ujian nasional, namun dilihat dari kualitas keimanan, ahlak mulia serta spirit melakukan yang terbaik dalam beragam hal.

Masjid Agung Garut, Kamis (13/05-2021).

Kita mudik dengan memaknai makna silaturahmi sebagai tujuan, daripada mudik itu sendiri. Serta guna mengenang jasa serta pengorbanan orangtua kita, ayah ibu, emak dan bapak.

Antara lain dilaporkan pengumpulan zakat fitrah di lingkungan Kemenag kabupaten setempat mencapai lebih Rp10,088 miliar, berupa beras 3,916 ton, serta zakat mal Rp1,535 miliar lebih.

“337 Narapidana Peroleh Remisi”

Dari Garut dilaporkan, 337 narapidana LP Kelas II B Garut mendapatkan Remisi Khusus Lebaran Idul Fitri 1442 H/2021.

Mereka terdiri 11 narapidana peroleh Remisi 15 hari, 198 Remisi satu bulan, 103 remisi satu bulan 15 hari, dan 25 narapidana mendapat Remisi selama dua bulan.

Sedangkan kapasitas hunian LP Garut 529, dengan jumlah penghuni hingga Kamis (13/05-2021), 466 warga binaan.

******

Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here