Konservasi Kehati Tunjang RDTR Perkotaan SWP Leles

0
41 views
Gun Gun Sukma Utama Presentasikan Kontribusi Sumbang Saran.
Menyerap Ragam Aspirasi dari Elemen Masyarakat.

“Diselenggarakan Bidang Penataan Ruang PUPR”

Garutnews ( Rabu, 23/11 – 2022 ).

Konservasi berbasis ‘Keanekaragaman Hayati’ (Kehati), bisa menunjang keberhasilan penyelenggaraan ‘Rencana Detail Tata Ruang’ (RDTR) Perkotaan ‘Satuan Wilayah Pengembangan’ (SWP) Leles Kabupaten Garut.

Lantaran banjir yang kerap terjadi selama ini akibat perubahan iklim, yang terdampak pemanasan global dari efek rumah kaca. Sehingga menimbulkan sarat dengan karbon dioksida kemudian menimbulkan tingginya intensitas curah hujan.

Pembahasan Detail Setiap Kontribusi Aspirasi.

“Maka diperlukan upaya konservasi melalui gerakan besar-besaran pembenahan juga penataan lingkungan hidup, dan pendayagunaan jaringan drainase serta irigasi oleh Dinas Lingkungan Hidup bersama Dinas Perumahan dan Permukiman” imbuh Kepala Bidang Kawasan Permukiman, Gun Gun Sukma Utama, ST.

Demikian dikemukakannya pada kegiatan konsultasi publik-1 yang diselenggarakan Bidang Penataan Ruang Dinas ‘Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang’ (PUPR) kabupaten setempat, Rabu (22/11-2022).

Simulasi Penyusunan RDTR Dihadiri Konsultan.

Gun Gun Sukma Utama mengingatkan pula, banjir juga akibat tidak tersedianya sarana-prasarana utilitas umum berupa tak memadainya kondisi sungai, dan tanggulnya serta terjadinya pendangkalan sungai.

“Selain itu, terganggu serta tak memadainya saluran drainase, tidak dimilikinya sumur resapan, dan saluran yang ideal,” pungkasnya.

Sedangkan sumbang saran dari ‘Garutnews’, antara lain berupa pembuatan biopori setiap 50 atau 100 meter pada sepanjang lintasan drainase, pembangunan drainase serta saluran skundair dan tersaier hendaknya berkontruksi ferosemen.

Peserta Konsultasi Publik-1.

Juga disarankan pembangunan lintasan drainase serta irigasi secara meliuk maupun berkelok guna mengurangi tekanan intensitas aliran air, serta dianjurkan sepanjang lintasan air dibuatkan pula bak penampung endapan sedimentasi.

Pada rangkaian helatan tersebut, diserap pula ragam sumbang saran dari institusi teknis terkait, termasuk dari aparat kecamatan juga desa dari wilayah Kecamatan Leles.

******

Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here