Kobaran Api Ranggas Alun Alun Kecamatan Leles

0
14 views
Pasar Darurat Leles Kerap Juga Memacetkan Arus Lalulintas.
Kondisi Pedagang Sayuran Keliling Semakin Terpuruk.

“Perparah Nasib Pedagang Pasar Darurat”

Garutnews ( Senin, 21/06 – 2021 ).

Penduduk sempat dihebohkan kobaran api meranggas Alun Alun Kecamatan, Ahad (20/06-2021) malam, yang selama ini dijadikan lokasi pasar darurat Leles. 

Diperkirakan 412 bangunan kios, dan 60 lapak pedagang pada pasar darurat tersebut, luluhlantak ludes lantaran peristiwa tersebut. Namun tak dilaporkan ada korban jiwa atau luka.

Pedagang maupun warga sebelumnya kesulitan memadamkan kobaran api yang memporakporandakan bangunan pasar darurat itu. Sehingga bangunan kios berbahan material kayu dan lainnya mudah terbakar.

Serta keberadaannya nyaris berdempetan menjadikan kobaran api sangat cepat membesar kemudian merambat. Masih belum diketahui pasti sumber api penyebab kebakaran juga nilai kerugian para pedagangnya.

Meski kebakaran ini dipastikan memukul telak masyarakat pedagang, yang selama ini pula dalam penantian panjang mereka bisa menempati lokasi permanen Pasar Leles yang proses revitalisasinya hingga kini tak kunjung usai.

Kondisi tersebut, juga kian diperparah lesunya aktivitas perekonomian akibat masih mengganasnya terjangan penularan pandemi Covid-19.

Pasar darurat pun, dibangun tepat di lokasi alun alun Kecamatan Leles menampung para pedagang karena Pasar Leles tempat mereka berdagang akan direvitalisasi pada 2018 dengan total biaya sekitar Rp30 miliar.

Sangat ironis, persis setahun menjelang proses revitalisasi, tepatnya 11 September 2017, kios-kios bangunan di pasar lama itu dilanda kebakaran hebat menyebabkan para pedagang tak ada pilihan selain segera berpindah ke lokasi darurat.

Ada sekitar 171 unit bangunan kios, dan empat lapak pedagang hangus dengan total kerugian mencapai sekitar Rp2,6 miliar akibat kebakaran tersebut.

Namun sejak para pedagang menempati pasar darurat Alun Alun Kecamatan Leles, hingga kini nyaris tak ada kepastian kapan mereka bisa kembali menempati pasar lama Pasar Leles dengan bangunan gedung barunya.

Sebab, selain tak kunjung rampung, kegiatan revitalisasi pasar itu terkatung-katung bahkan tersandung kasus hukum yang masih diproses.

*****

Abisyamil, JDH/Ilustrasi Fotografer : Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here