Ketua RT/RW Desak Realisasi Janji Manis Bupati/Wabup

0
82 views

Garut News ( Ahad, 19/04 – 2015 ).

Pasangan Rudy - Helmi Ketika Berkampanye Banyak Bertabur Janji Manis. (Foto: John Doddy Hidayat).
Pasangan Rudy – Helmi Ketika Berkampanye Banyak Bertabur Janji Manis. (Foto: John Doddy Hidayat).

Kian banyak Ketua RW dan RT pada sejumlah kelurahan di Kabupaten Garut mempertanyakan, bahkan meradang mendesak bisa segera direalisasikannya insentif bulanan.

Serta bantuan hibah pembangunan infrastruktur.

Lantaran, program yang manis dijanjikan pasangan Bupati Rudy Gunawan dan Wabup Helmi Budiman pada masa mereka berkampanye itu, hingga kini masih belum cair.

Padahal insentif dan hibah serupa bagi para Ketua RW, dan RT di lingkungan pedesaan dikabarkan cair sejak awal April.

Bahkan menjadi semakin meradang sebab memeroleh informasi bantuan hibah infrastruktur ini, bukan berupa uang tunai, melainkan barang.

Sehingga sangat khawatir berpotensi menimbulkan tindak penyelewengan. Apalagi proses mendapatkannya dinilai cukup rumit.

“Pekan kemarin para ketua RW rapat di kelurahan, dan katanya insentif RT-RW dibagikan pada Mei mendatang. Itu pun belum pasti. Belum lagi memerolehnya harus membuat proposal dulu untuk diajukan ke Bupati. Nanti barangnya dikirim perusahaan selaku pihak ketiga,” keluh Ketua RW 16 Kelurahan Lebakjaya Kecamatan Karangpawitan, Suparman, Ahad (19/04-2015).

Kekesalan senada dikemukakan Ketua RT 01/16 Kelurahan Lebakjaya Dindin. Kata dia, hibah berupa barang rawan terjadi penyelewengan.

Lantaran dinilai terdapat peluang pengurangan volume maupun kualitas barang akibat selisih keuntungan. Karena itu, dia tak setuju hibah tersebut diberikan berupa barang.

Dikemukakan, hibah infrastruktur RW 16 Desa Lebakjaya mencapai Rp12 juta. Terdapat Rp4 juta merupakan anggaran RW, dan Rp8 juta anggaran bagi empat RT, masing-masing RT mendapat Rp 2 juta.

“Hibah infrastruktur di RW kita rencananya pembangunan kantor RW Rp 14,5 juta. Maka kalau dikirim barang akan defisit. Pihak ketiga juga pastinya ingin ada untung,” ungkap Dindin.

Lurah Lebakjaya, Wawan, katakan para ketua RW dan RT di seluruh kelurahan juga sama belum menerima insentif dijanjikan Rudy Gunawan.

“Memang ada keinginan dari para ketua RW dan RT insentif itu berupa uang tunai. Sekarang masih diproses dan dimusyawarahkan di tingkat forum kelurahan. Ya, mudah-mudahan saja harapan itu terealisasi,” imbuhnya.

Sekretaris Desa/Kecamatan Karangpawitan Lilis Rodiah membenarkan insentif bagi para Ketua RW dan RT di masing-masing desa di Kecamatan Karangpawitan cair. Insentif tersebut untuk Januari, Februari, dan Maret.

Langsung dibagikan. Tak melalui rekening. Juga tak harus membuat proposal dulu, katanya.

********

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here