Kemenhub Bantah Siapkan Regulasi Pajak Sepeda

Kemenhub Bantah Siapkan Regulasi Pajak Sepeda

530
0
SHARE
Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Guntur Melati Garut, Sofyan Hidayat, Siap Sukseskan Penyiapan Regulasi Mendukung Keselamatan Pesepeda.
Sofyan Hidayat Komandoi Penerapan Protokol Medis.

“Melainkan Siapkan Regulasi Mendukung Keselamatan Pesepeda”

Garut News ( Rabu, 01/07 – 2020 ).

Kemenhub membantah menyiapkan regulasi pajak sepeda, melainkan sedang menyiapkan  regulasi untuk mendukung keselamatan pesepeda, sehingga pemberitaan beberapa media online menyebutkan Kemenhub sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda, maka hal tersebut TIDAK BENAR.

“Tak benar Kemenhub menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda. Yang benar kami menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan pesepeda. Juga menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi oleh masyarakat,” ungkap Jubir Kementerian Perhubungan, Adita Irawati.

“Regulasi ini pun akan mengatur dari sisi keselamatan para pesepeda,” imbuh Adita pula dalam Siaran Pers Humas Dirjen Perhubungan Darat, Pitra Setiawan yang diterima Garut News.

Dikatakan Adita Irawati, pada masa transisi adaptasi kebiasaan baru ada peningkatan jumlah pesepeda terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Karena itu regulasi ini mengatur hal-hal seperti alat pemantul cahaya bagi para pesepeda, jalur sepeda, dan penggunaan alat keselamatan lainnya oleh pesepeda.

Juga dikemukakan, Undang-Undang Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sepeda di kategorikan kendaran tidak bermotor. Karenanya pengaturannya bisa dilakukan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Prinsipnya kami sangat setuju adanya aturan penggunaan sepeda mengingat animo masyarakat sangat tinggi harus dibarengi perlindungan terhadap keselamatan pesepeda. Kami mendorong pemerintah daerah mengatur penggunaan sepeda ini, minimal menyiapkan infrastruktur jalan maupun ketentuan lain mengatur khusus para peseda di wilayahnya masing-masing,” katanya.

********

Fotografer : John Doddy Hidayat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY