Keluarga Sehat Diciptakan Oleh Pilihan, Bukan Kebetulan

0
71 views
Talk Show Paraleh Kegiatan Bakti Sosial Layanan Kontrasepsi Klinik Aster PKBI Garut' Menampilkan nara sumber berkompeten di bidangnya, dr Esti Istiqomah dengan dipandu moderator juga komentator piawai, Ulfa Imami, Amd. Ak.
Seorang Kader (kanan), Simulasikan Motivasi juga Edukasi Pemanfaatan Ragam Jenis Kontrasepsi.

“PKBI Senantiasa Eksis”

Garutnews ( Rabu, 28/09 – 2022 ).

Diperingatinya ‘Hari Kontrasepsi Sedunia’ (World Contraception Day) setiap 26 September, guna meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perencanaan keluarga dengan beragam pilihan metode kontrasepsi yang ada.

“Keluarga bukan ada secara kebetulan, melainkan direncanakan. Sehingga kontrasepsi ada untuk membantu merencanakan keluarga”

Demikian intisari harapan, yang masing-masing mengemuka dari Kabid Pengendalian Penduduk DPPKBPPPA, Dra Elus Harlah, MM kemudian Ketua Pengurus PKBI Cabang Garut, Drs H. WS Zakaria, M.si serta Kepala UPT PKM Pembangunan, drg Raden Suharsa.

Dengan Humanis, Relawan Membantu Memangku Putra Akseptor yang Hendak Memanfaatkan Kontrasepsi.

Mereka mengemukakannya pada ‘Bakti Sosial Pelayanan Kontrasepsi Secara Cuma Cuma Bagi Sedikitnya 70 Akseptor’ dalam memperingati ‘World Contraception Day’ di Klinik Aster PKBI Jalan Patriot 49 Garut, Rabu (28/09-2022).

Ada 10 organisasi keluarga berencana internasional mendorong gagasan penggunaan kontrasepsi untuk memungkinkan keputusan terencana tentang memulai sebuah keluarga.

Diawali Registrasi Peserta.

Menyusul kehamilan sesuatu yang diinginkan perlahan meningkat. Sehingga komunitas medis, dan ilmiah serta organisasi pemerintah harus memberikan pengetahuan yang benar tentang kesehatan seksual serta reproduksi.

Lantaran jauh sebelum ada gagasan Hari Kontrasepsi Sedunia, pada 1994, mendiang Nafis Sadik, mantan Direktur Eksekutif UNFPA sempat menyampaikan, “keluarga sehat diciptakan oleh pilihan, bukan kebetulan,” katanya.

Proses Pemeriksaan Kesehatan/Tekanan Darah.

Dilansir dari laman resmi UNFPA, perempuan memiliki hak memilih jumlah, waktu dan jarak kelahiran anak-anaknya. Maka kontrasepsi bagian integral dari pengambilan keputusan tersebut.

Sedangkan manfaat kontrasepsi tak hanya mencegah kehamilan tak direncanakan, melainkan juga mencegah kematian dan kecacatan ibu, mortalitas dan morbiditas bayi baru lahir serta aborsi.

Pejabat DPPKBPPPA Garut Membuka Helatan PKBI.

Anak perempuan, dan perempuan pun dapat merencanakan keluarga, punya kesempatan mengembangkan potensi, mengejar pendidikan, berpartisipasi dan berkontribusi pada ekonomi sehingga mengarah pada masyarakat lebih sejahtera, stabil dan adil.

“Senantiasa Eksis”

Dalam rangkaian memperingati ‘Hari Kontrasepsi Sedunia’ 2022, PKBI Cabang Garut menggelar pula ‘Talk Show Paraleh Kegiatan Bakti Sosial Layanan Kontrasepsi Klinik Aster PKBI’ setempat.

Drs H. WS Zakaria, M.si Sampaikan Bingkisan Sehat Kepada Akseptor KB.

“Menampilkan nara sumber berkompeten di bidangnya, dr Esti Istiqomah dengan dipandu moderator juga komentator piawai, Ulfa Imami, Amd.Ak,” ungkap Program Manager Respond/Direktur Eksekutif  PKBI Cabang Garut, Ir Denden Supresiana.

PKBI eksis sejak 23 Desember 1957, kemudian terdapat BKKBN pada 26 September 2007 atau 40 tahun kemudian.

drg Raden Suharsa.

Namun hingga sekarang, PKBI masih senantiasa eksis bahkan menjalin kemiteraan maupun berkolaborasi di antaranya dengan DPPKBPPPA.

Bahkan PKBI Cabang Garut, selama ini pula banyak menyelenggarakan bakti sosial jasa layanan kesehatan secara gratis pada sejumlah wilayah kecamatan, dengan melibatkan peranserta seluruh elemen, dan komponen masyarakat.

Ir Denden Supresiana Sampaikan Bingkisan.

“Termasuk para kader, para relawan dari kalangan akademisi, juga pihak lainnya. Mereka pun patut mendapatkan apresiasi positif,” imbuh WS Zakaria, dan Denden Supresiana.

********

Jalinan Soliditas Kinerja PKBI Cabang Garut.
Memotret Hari Kontrasepsi Sedunia.
Memotret Pemasangan Kontrasepsi.
Pemeriksaan Awal Bagi Pasien PKBI.
Indahnya Kebersamaan.
Foto : Denden Supresiana.

Pelbagai Sumber/Esay Fotografer : Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here