Ponpes/Kuttab Yadul ‘Ulya Garut Pelopori Taman Alqur’an

0
6 views
Ponpes/Kuttab Yadul 'Ulya Garut Pelopori Taman Alqur'an.
Ponpes/Kuttab Yadul ‘Ulya Garut Pelopori Taman Alqur’an.

“Inilah, Vegetasi yang Terdapat/Disebut dalam Alqur’an”

Garutnews ( Rabu, 24/11 – 2021 ).

Inilah antara lain bahan makanan bermanfaat, berupa “Vegetasi yang Terdapat/Disebut dalam Alqur’an” berikut ini. 

  1. Jamur (QS. 2 : 57, 7  : 160, 7 : 160, dan 20 : 80), 2. Bawang-bawangan (QS. 2 : 61), 3. Bawang Putih (QS. 2 : 61), 4. Bidara.

Tak disangka, salahsatu pohon penghuni surga disebutkan dalam Al-Quran surat Al Waqiah ayat 27-31, yakni bidara. Namun, tak hanya buahnya, daun bidara juga kaya manfaat. Berbentuk bulat panjang dari pohon kecil tumbuh di daerah kering ini telah diteliti manfaatnya.

Ponpes/Kuttab Yadul ‘Ulya Garut Pelopori Taman Alqur’an.

Manfaat bidara atau tanaman dengan nama ilmiah Ziziphus mauritiana, telah lama digunakan sebagai obat herbal. Lantaran tanaman perdu tersebut mengandung senyawa alami memunculkan manfaat kesehatan beragam. Mulai dari melancarkan pencernaan, membangun imunitas, hingga bersifat antioksidannya.

  1. Biji2an, rempah2 (QS. 21 : 47, 35 : 16), 6. Timun (QS. 21 : 61), 7. Labu : yaqtin (termasuk ubi jalar di dalamnya) (QS. 37 : 146), 8. Lentil (kacang-kacangan).

Lentil disebutkan dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat ke 61. Dalam ayat ini, lentil disebutkan bersama aneka sayur mayur, mentimun, bawang merah dan bawang putih.

“Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, “Wahai Musa! … Saat itu lentil dijadikan bahan baku untuk membuat roti yang biasanya disantap kaum miskin.

  1. Pisang (QS. 56 : 29), 10. Buah Tin (Fig). Buah yang jadi nama Surah di dalam Alqur’an, 11. Basil (daun beraroma wangi) seperti kemangi, seledri, dan lainnya. 

Basil adalah nama bagus dan indah untuk anak bayi laki-laki islam. Selain tergolong dalam nama bayi islami dari asal bahasa Arab, unik nya kata ini ada pada arti dan maksud nama Basil.

Memiliki makna (1) Singa, (2) Pemberani (3) Yang berani. Kita pun dapat maknai arti: Singa, Pemberani, dan Yang berani sebagai doa agar calon bayi laki laki kita Diharapkan menjadi laki laki yang berani, gagah, dan kuat.

Tentunya nama islami Basil ini bisa Anda kombinasi dan gabungkan dengan nama-nama anak lainnya sehingga membentuk kesatuan rangkaian nama bayi laki-laki islami modern terdiri dari 2 kata, 3 kata atau bahkan 4 suku kata.

Nama untuk bayi laki laki yang akan lahir harus pas, cocok serta dipertimbangkan dengan matang agar memiliki arti indah, dan spesial. Nama Basil bisa menjadi salah satu pilihan nama terbaik untuk si calon buah hati tercinta. 

Nama islam bayi laki laki berawalan huruf B ini terdiri dari 5 karakter huruf. Seperti tertulis dalam Al Quran surat Maryam ayat 7.

  1. Zaitun (olive oil) (QS. ‘Abasa ayat 24-32), 13. Kurma (dates) : Nakh (QS. ‘Abasa ayat 24-32), 14. Delima (Rumman). Dalam Al Quran  disebutkan di beberapa tempat, yaitu dalam Surat Al An’am 99 dan 141, serta Ar Rahman 68. Dalam sebuah hadits mauquf dan marfu’, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda bahwa Buah Delima termasuk buah surga. 15. Siwak (Miswak) : Hammett. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu.” (HR. Al-Bukhari). 16. Gass (pohon perdu) : semak-semak, pegagan, sambiloto. Pemanfaatan Sambiloto dalampengobatan sebenarnya tidak hanya oleh masyarakat … Al QuranAl Khobir A5 Kertas HVS Alquran. 17. Anggur (QS. 17 : 71).
  1. Jahe. Bahkan, disebut sebagai salah satu minuman penghuni surga. Sesuai firman Allah SWT dalam Surat Al Insan ayat 17, “Di dalam surga mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.”
  2. Alfafa (Sawi, seledri, rumput-rumputan). Dalam surat 78 Wajannatin Alfafa alfafa itu apa? rumput-rumputan daun atau rumput hijau kaya ya sawi, daun seledri,”
  3. Madu : semua kebaikan tanah ada pada madu (enzim). Dalam surah an-Nahl (lebah) ayat 68-69 Allah SWT menyatakan: ”Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ”Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia”…Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya, pada yang demikian terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan bagi mereka yang memikirkan.”  

Kemudian Rasulullah Muhammad juga menegaskan khasiat madu tersebut dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari: ”Madu adalah penyembuh bagi semua jenis sakit dan Alquran adalah penyembuh bagi semua kekusutan pikiran (sakit pikiran). Maka aku sarankan bagimu kedua penyembuh tersebut, Alquran dan madu.” 

  1. Habbatussauda. Atau di Indonesia dikenal dengan jintan hitam adalah salah satu anugerah yang Allah SWT berikan kepada manusia. Dianjurkan dikonsumsi manusia, ketika mereka sakit, maupun di kala sehat (untuk menjaga stamina).

Hal ini sebagaimana yang disampaikan melalui lisan rasul-Nya, Sesungguhnya pada al-habbatus sauda’ itu terdapat obat dari segala penyakit, kecuali maut. 

********

Pelbagai Sumber/Ilustrasi Fotografer : Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here