Garutku – Tamanku

0
16 views
Kepala DLHKP Kabupaten Garut.
Gun Gun Sukma Utama, ST Berinisiasi Penanaman Pohon di Agro Park Ponpes/Kuttab Yadul ‘Ulya.

“Dari Kita, Oleh Kita, Untuk Masa Depan”

Garutnews ( Kamis, 30/10 – 2021 ).

‘Dari Kita, Oleh Kita, Untuk Masa Depan’ sebagai prinsip pengelola dan pemelihara keberadaan ‘Ruang Terbuka Hijau’ (RTH) di Kabupaten Garut dengan lima manfaatnya di kawasan perkotaan.

Terdiri RTH sebagai fungsi ekologi perkotaan, Menjadi ruang tempat warga dapat berekreasi dan bersilaturahmi, Dapat memperindah kawasan perkotaan dengan fungsi estetisnya, Dapat menjadi pembatas antara satu ruang dengan ruang lainnya yang berbeda peruntukan, serta RTH memenuhi fungsi pendidikan.

“Sedangkan jenis RTH di kawasan Perkotaan Garut meliputi Taman Kota, Taman Segitiga Kota, Jalur Hijau, Hutan Kota, dan Tempat Pemakaman Umum/TPU,” ungkap Gun Gun Sukma Utama, ST.

Membangun Komunikasi yang Sehat Dengan Beragam Kalangan.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman pada ‘Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan’ (DLHKP) kabupaten setempat itu, katakan ada tiga produk aktualisasi  latihan dasar CPNS 2021.

Meliputi pemutahiran data base RTH, Pemutahiran data spasial RTH melalui  ArcGIS Dengan HTML Popup, dan eksistensi Bidang Pertamanan dan Pemakaman melalui https://www.instagram.com/garutkutamanku.

ArcGIS Dengan HTML Popup – Selain mengolah data spasial, software ArcGIS juga menampilkan gambar/foto. Sangat membantu dalam mengetahui kenampakan fisik suatu tempat atau bangunan pada lokasi tertentu.

Wujudkan Bebas Sampah.

Dikemukakan pula, ragam upaya pemeliharaan dan penataan yang dilakukan Pemda untuk RTH yakni Penyiraman Rutin, Penataan Taman dan TPU, Pemeliharaan Rutin, serta Pemangkasan Pohon yang Membahayakan Keamanan Masyarakat di jalan kabupaten.

Luas RTH di Kabupaten Garut 68.887,77 m2 dengan aplikasi pengembangan pengelolaan RTH yang dibuat Pemda berupa media pengaduan kondisi pertamanan berbasis android diprakarsai Bidang Pertamanan dan Pemakanan DLHKP Garut.

“Bisa diunduh pada GooglePlayStore,” imbuh Gun Gun Sukma Utama kepada Garutnews di ruang kerjanya, Kamis (30/09-2021).

Memanfaatkan Setiap Jengkal Tanah.

Kemudian aplikasi pengembangan pengelolaan RTH yang dibuat Pemda, juga berupa penatausahaan data dan pemakaman DLH Garut. Layanan online untuk melayani warga dalam Perizinan Penguburan dan Pangangkutan Jenazah.

“Laman Penatausahaan Data Pemakaman dapat diakses Online pada GoogleChrome dan MozilaFirefox,” imbuh Gun Gun Sukma Utama pula.

*****

Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here