Kabupaten Garut Bisa Dijadikan Percontohan Penurunan Stunting

0
195 views
Dirjen Kesmas Kemenkes RI.
Penandatangan Kerjasama.

“Diapresiasi Positif Kemenkes”

Garutnews ( Sabtu, 28/01 – 2023 ).

Kesungguhan beragam upaya menurunkan angka stunting di Kabupaten Garut bisa dijadikan percontohan pada tingkat nasional, lantaran dinilai berhasil dengan signifikan menurunkannya hingga sekitar sepuluh digit.

Sehingga mendapatkan apresiasi positif dari Kemenkes RI kendati berdasar catatan survei gizi, analisis angka nasional ada banyak anak stunting baru pada usia satu hingga dua tahun, maka diperlukan pencegahannya terhadap ibu hamil.

Peluncuran Rumah Gizi.

Demikian dikemukakan Dirjen Kesmas, dr Maria Endang Sumiwi, MPH kepada Garutnews seusai menghadiri pembukaan Festival Rumah Gizi diinisiasi ‘Pengurus Daerah ‘Aisyiyah’ (PDA) kabupaten setempat bekerjasama Pemkab di Alun Alun, Sabtu (28/01-2023).

Perempuan kelahiran Merauke Papua tersebut, katakan sangat diperlukannya menjaga ibu hamil, menyusui, hingga pada balita agar mendapatkan asupan protein hewani yang bagus.

Protein Hewani Cegah Stunting.

“Selain itu, juga diperlukannya dukungan suami apalagi di Garut bakal ada inovasi baru berupa ‘Melani’ (Memastikan Setiap Ibu Hamil Terlayani),” imbuh lulusan Fakultas Kedokteran UGM, dan peraih gelar Master of Science in Public Health dari Universitas Umea, Swedia ini.

Menurutnya sangat terkesan menyaksikan tingginya animo masyarakat, bersemangat dan gembira. Sehingga diharapkan bisa menurunkan angka stunting hingga mencapai target 14 persen pada 2024, ungkap Sumiwi yang pernah aktif di pelbagai lembaga seperti Eijkman Institute, Medecins Sans Frontieres, WHO, serta Unicef.

Disemarakan 21 Anjungan.

Angka stunting Garut kini 23 persen sedangkan nasional rata-ratanya 21 persen, namun diapresiasi penurunannya lebih jauh dibandingkan nasional 2,8 persen, di sini menurun 10 persen membuktikan kerja kerasnya hebat, katanya.

Dia pun mengapresiasi pula terselenggaranya Festival Rumah Gizi dengan menggandeng beberapa pihak lintas sektor, sebagai bentuk dukungan terhadap ibu hamil maupun bayi dalam memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Bersemangat & Bergembira.

Dihubungi terpisah Bupati Rudy Gunawan menyatakan, memiliki target angka stunting s14 persen tahun depan dengan menurunkan sebesar sembilan persen. Kerja keras ini ungkap Bupati, memerlukan kolaborasi seluruh stakeholder secara terpadu.

Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini berpendapat helatan Festival Gizi sangat penting, lantaran menjadi tanggung jawab semua pihak mengawal generasi mendatang, agar mereka tidak menjadi generasi lemah, imbuhnya antara lain.

Ketua PDA Garut.

Ketua PDA Garut, Dra Yati Rosyati Damiri katakan Festival Gizi ini puncak kegiatan dari rangkaian Peringatan Hari Gizi Nasional juga Hari Jadi Kabupaten Garut.

Dengan berkolaborasi bersama Pemkab menggelar tiga rangkaian acara, berupa lomba konten bertemakan isi piringku kaya protein hewani untuk ibu hamil, webinar kesehatan, dan Festival.

Dianjurkan Jangan Banyak Berkeluhkesah.

Diikuti 21 anjungan dari 21 lembaga bergerak pada upaya penanggulangan stunting di Kabupaten Garut, Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah se-kabupaten beserta beberapa organisasi lainnya.

Sedangkan inklusi merupakan program ‘Aisyiyah berkolaborasi dengan seluruh pihak, memiliki program pada empat kecamatan di enam desa, yang diharapkan menjadi percontohan bagi seluruh desa di kabupaten ini.

Diperlukan Kerja Keras.

Berlangsung pula penandatanganan kerjasama antara Pemkab dengan PDA dalam upaya pencapaian hasil pembangunan yang lebih baik.

Sedangkan Rumah Gizi diluncurkan Bupati, bertujuan agar masyarakat bisa memahami cara memberikan gizi seimbang kepada ibu hamil maupun bayi supaya sehat.

Dihadiri Para Pemangku ‘Kewajiban’.

Rumah Gizi merupakan wahana edukasi memberikan gizi seimbang terhadap anak, khususnya protein hewani.

Memproduk masakan menjadi menarik dengan ragam inovasi, sehingga bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan guna mengolah pangan yang bisa lebih disukai masyarakat, imbuh Yati Rosyati.

Mengamati Menu Sehat.

*******

Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here