Home KATEGORI BERITA ARTIKEL Formula Cerdas Maksimalkan Fungsi Ruang Terbuka Hijau

Formula Cerdas Maksimalkan Fungsi Ruang Terbuka Hijau

0
43 views
Hutan Kota (Kherkof) Seluas 4.000 an m2.
D’ Leuwi Kampung Panawuan.

“Wujudkan Keseimbangan Positif”

Oleh : Gun Gun Sukma Utama, ST 

Garutnews ( Rabu, 29/06 – 2022 ).

Bidang Konservasi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati pada ‘Dinas Lingkungan Hidup’ (DLH) Kabupaten Garut, kian gencar berupaya senantiasa mewujudkan keseimbangan yang positif.

Lantaran dengan selalu terwujudnya keseimbangan yang positif dipastikan bisa mengubah ragam permasalahan lingkungan menjadi peluang.

Gun Gun Sukma Utama, ST.

Sedangkan keseimbangan positif dalam artian, setiap terjadi degradasi lingkungan berbanding lurus dengan beragam upaya nyata dapat terjaganya ekosistem khususnya di kawasan ‘Ruang Terbuka Hijau’ (RTH).

Di antaranya upaya keseimbangan pada kawasan sedikitnya 120 hektare Situ Bagendit, lintasan bibir Pantai Sayang Heulang Pameungpeuk dengan pesisir pantai dan terumbu karangnya.

D’ Leuwi, Wahana Wisata Edukasi dan Keluarga.

Serta sekitar 1.725 m2 lahan bekas Pasar Cibatu milik PT KAI, yang hingga kini masih gencar diselenggarakan beragam kajian solusi permasalahannya.

Sehingga dari ketiga kawasan RTH tersebut, dapat dimaksimalkan kualitas sedikitnya lima fungsi RTH ini.

Ragam Produk Kuliner di D’ Leuwi.

Terdiri maksimal berfungsi sosiologis kemasyarakatan, sosial ekonomi masyarakat, penyerapan air (fungsi hidrologis), serta fungsi estetikanya.

Tanpa mengeyampingkan senantiasa terjaganya ekosistem pada kawasan itu, termasuk pada kawasan Pantai Garut Selatan dengan habitat vegetasi mangrovenya.

Rahadiankids, Geliat Penunjang Kemandirian Ekonomi Pesantren Tahfidz, Yadul ‘Ulya.

Demikian pula pada Situ Bagendit, yang dapat dijangkau dari tiga pintu lokasi. Masing-masing dari Desa Sukamukti (sejauh 5,5 kilometer), Sukaratu (7,2 kilometer), dan dari depan kantor Kecamatan Banyuresmi (8,2 kilometer).

Jarak lintasan sejauh itu dari Kampus SMKN 2 Garut, sedangkan dari Alun-Alun Garut sejauh 11 kilometer.

Ada Televisi Yadul ‘Ulya.

Pada lingkungan Pesantren Tahfidz, Yadul ‘Ulya di Kampung Panawuan Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul Garut, juga terdapat RTH.

RTH tersebut dilintasi Sungai Cikamiri dilengkapi wahana wisata edukasi, dan keluarga yang Islami.

Sarana Kolam Ikan.

Selain ada resto juga camping ground, serta sarana permainan anak-anak bernuansakan edukatif.

Desa wisata D’ Leuwi ini dikelola guna menunjang kemandirian ekonomi lembaga pendidikan keagamaan itu.

RTH Hutan Kota.

Karenanya, dalam mewujudkan keseimbangan yang positif. Selain pembentukan dan pemberdayaan para kader lingkungan, gencar pula dikampanyekan peduli mengenai lingkungan kepada masyarakat.

Bahkan juga penyelenggaraan penyuluhan, termasuk upaya nyata penataan RTH secara terencana dan terstruktur.

Kemudian dari hulu ‘Bidang Konservasi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati’ ini, berlanjut pada bagian hilir yang penanganannya diselenggarakan oleh bidang lainnya.

DLH Kabupaten Garut.

Meski demikian beragam permasalahan yang menyebabkan terjadinya degradasi lingkungan, merupakan batu ujian bahkan tantangan bagi kita semua.

Tantangan dan batu ujian, yang memerlukan kebersamaan menanggulanginya sesuai dengan peran dan fungsi beragam elemen dan komponen masyarakat di Kabupaten Garut.

******

Penulis : Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati pada ‘Dinas Lingkungan Hidup’ (DLH) Kabupaten Garut.

Fotografer : Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here