Enam Manfaat Mendengarkan Lantunan Ayat Alquran

0
2 views
Santri Ponpes Yadul 'Ulya Garut Memanfaatkan Setiap Waktunya Untuk Membaca, dan Menghafal Alqur'an.

Rabu 21 Apr 2021 05:50 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Lingkungan Kampus Peradaban Ponpes/Kuttab Yadul ‘Ulya Garut.

“Alquran memberikan dampak bagi pembaca, dan pendengarnya”

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Ternyata mendengarkan bacaan Alquran ada manfaat tersendiri. Setidaknya ada enam manfaat yang bisa dirasakan seorang Muslim saat mendengar lantunan ayat suci Alquran. 

Pertama, mendengar bacaan Alquran mendatangkan rahmat Allah SWT. Allah SWT berfirman:

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ “Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS Al Araf 204)

Karena itu, dengan mendengar bacaan Alquran,  maka mempercepat datangnya rahmat atau kasih sayang Allah SWT.

Kedua, diganjar pahala yang berlipat. Satu huruf ayat suci Alquran diganjar 10 kebaikan. Dan Allah SWT melipatgandakan kebaikan bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya.

Ketiga, adalah untuk mendapatkan hidayah karena Alquran merupakan salah satu pedoman bagi orang yang mentadabburinya dan mengamalkannya.

Karena itu, mendengar lantunan bacaan Alquran merupakan amal saleh dan diberikan hidayah dan taufik. Allah SWT berfirman:

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا  “Sungguh, Alquran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.” (QS Al Isra 9)

Keempat, seorang Muslim yang menyimak bacaan Alquran maka dirinya dihilangkan dari sesuatu yang syubhat dan syahwat. Perbuatan baik tersebut juga menjadi cahaya di akhirat dan ketika melalui jembatan. Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kepada Allah SWT dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.” (QS At Tahrim ayat 8)

Kelima, dijauhkan dari api neraka dan menjadi jalan menuju kemenangan. Orang yang mendengar bacaan Alquran juga diberikan hidayah dan taufik, serta penyembuh hati dan tubuh yang sakit.

Keenam, jiwanya merasa bahagia dan tenang setelah mendengar lantunan ayat-ayat suci Alquran. Terlebih jika Anda tahu mengetahui maknanya. Kenikmatan mendengar lantunan ayat dari seorang qari dengan suara indah tidak akan bisa didapatkan kecuali dari Alquran.

Sumber: mawdoo3

*****

Republika.co.id/Ilustrasi Fotografer : Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here