DLH Garut Programkan Penguatan Kualitas Konservasi D’ Leuwi

0
19 views
Camping Ground D' Leuwi Panawuan.
Didampingi Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati pada DLH kabupaten setempat, Asep Robi Nugraha, ST, M.Si di Camping Ground D’ Leuwi, Jujun Juansyah Nurhakim bakal mengupayakan penanaman buah-buahan.

“Bisa Dijadikan Percontohan”

Garutnews ( Kamis, 01/09 – 2022 ).

Kepala ‘Dinas Lingkungan Hidup’ (DLH) Kabupaten Garut, H. Jujun Juansyah Nurhakim, ST, MT katakan salahsatu agenda penting yang bisa direalisasikan di antaranya memprogramkan penguatan kualitas konservasi D’ Leuwi.

Lantaran ‘camping ground’ di lingkungan kampus peradaban Pesantren Tahfidz, Yadul ‘Ulya Kampung Panawuan Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul tersebut, tak hanya memiliki keindahan panorama alamnya.

Dialog Bersama Pimpinan Yayasan Yadul ‘Ulya.

“Melainkan pada lembah perbukitan yang dibawahnya teraliri Sungai Cikamiri tersebut,  berpotensi menjadi penunjang utama kemandirian ekonomi pesantren. Sehingga perlu senantiasa didukung gerakan konservasi,” imbuhnya.

Di antaranya berfokus pada perlindungan spesies dari kepunahan, pemeliharaan dan pemulihan habitat, peningkatan jasa ekosistem, dan perlindungan keanekaragaman hayatinya.

Dihadiri Pula Jajaran Dinas Kebakaran Garut.

Didampingi Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati pada DLH kabupaten setempat, Asep Robi Nugraha, ST, M.Si di Camping Ground D’ Leuwi, Kamis (01/09-2022), Jujun Juansyah Nurhakim bakal mengupayakan penanaman buah-buahan.

Berupa pohon mangga, yang menurutnya bernilai ekonomi pada wahana wisata halal itu. Sekaligus memotivasi penduduk sekitarnya agar selalu peduli lingkungan termasuk berperanserta mewujudkan kebersihan.

Kepala DLH Garut.

Selain itu ungkapnya, jajarannya pun bisa secara terjadwal menyelenggarakan advokasi maupun pendampingan upaya mewujudkan penguatan kualitas konservasi yang tak hanya sebagai daerah tujuan wisata.

Melainkan juga menjadi ajang penelitian ilmiah bagi kalangan akademisi maupun institusi teknis terkait mengenai tata kelola lingkungan beserta keanekaragaman hayatinya, ujar Asep Robi Nugraha, menambahkan.

Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati.

“Diperlukan pula masyarakat sadar lingkungan juga sadar wisata yang bisa memiliki nilai tambah bagi perkembangan sosial ekonomi penduduk sekitarnya,” imbuh Asep Robi Nugraha pula.

*****

Survey Dinas Kebakaran di D’ Leuwi.

Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here