Disperkim Garut Didesak Tuntaskan Masalah Perumahan/Permukiman

0
24 views
Resmikan Masjid di Lingkungan Disperkim.
Menyambut Ramadlan 1444 H, dan Peringatan ke-210 HJG.

“Perbaikan 1.800 Rutilahu”

Garutnews ( Selasa, 14/03 – 2023 ).

Bupati Garut Rudy Gunawan mendesak ‘Dinas Perumahan dan Permukiman’ (Disperkim) kabupaten setempat bisa menyelesaikan permasalahan perumahan, dan permukiman.

“Lantaran berhubungan dengan kemanusiaan juga kemiskinan. Sehingga Disperkim pun harus senantiasa dapat berinovasi,” imbuh Bupati pada Tabligh Akbar dan Tasyakur Bini’mah menyambut Ramadlan 1444 H, serta Peringatan ke-210 ‘Hari Jadi Garut’ (HJG) di ‘Ruang Terbuka Publik’ (RTP) Disperkim, Selasa (14/03-2023).

Kendaraan Operasonal Baru.

“Pada 2023, Pemkab Garut menggelontorkan anggaran sekitar Rp11,7 miliar guna memenuhi pengalokasian satu desa satu rumah di 442 desa, dan kelurahan seluruh kabupaten ini,” katanya.

Dikatakan, sejak lama dirinya meminta Disperkim membuat RTP di tengah kawasan kumuh. Namun baru terwujud pada kepemimpinan Eded Komara membangun Taman Cinunuk 2020 silam.

Diapresiasi Positif Bupati.

“Saya juga menginginkan rumah di lingkungan kumuh beli di tengahnya, bawahnya digunakan septic tank bersama, sedangkan atasnya digunakan¬† bermain anak-anak,” katanya pula.

Rudy Gunawan pun mengapresiasi positif Disperkim kini memiliki RTP di lingkungan kantor, yang bisa dikunjungi masyarakat sekitarnya.

“Karena itu saya jadikan percontohan kantor berwawasan lingkungan, serta ada masjidnya,” ungkapnya.

Ahmad Mulyana.

“Perbaikan 1.800 Rutilahu”

Kepala Disperkim, Ahmad Mulyana mengemukakan tahun ini ada sekitar 1.800 ‘rumah tidak layak huni’ (rutilahu) bakal diperbaiki¬† bersumber ‘Dana Alokasi Umum’ (DAU), ‘Bantuan Keuangan’ (Bankeu), ‘Bantuan Provinsi’ (Banprov), ‘Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya’ (BSPS), serta APBD Garut.

Disambut Atraksi Pencak Silat.

“Salahsatunya melalui program Bupati yakni perbaikan satu rutilahu di satu desa/kelurahan,” kata dia.

Alhamdulillah, juga salahsatunya dikucurkan Bupati Rp11,3 miliar atau Rp11,7 miliar tahun ini berprogram satu desa satu rumah se-kabupaten Garut yang sudah ‘laucnhing’, dan uangnya masuk rekening penerima bantuan, ungkapnya antara lain.

Antara Lain Dihadiri Direktur Umum PT. LKM ‘Lembaga Keuangan Mikro’ Garut.

*******

Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here