Darurat Pandemi Mencemaskan, Pilkades Serentak Tetap Digelar

0
44 views
"Perkantoran Setda/Pemkab Nyaris Menyerupai Pemakaman" (Selasa, 08/06-2021).
“Perkantoran Setda/Pemkab Nyaris Menyerupai Pemakaman” (Selasa, 08/06-2021).

“Perkantoran Setda/Pemkab Nyaris Menyerupai Pemakaman”

Garutnews ( Selasa, 08/06 – 2021 ).

Meski Kabupaten Garut kini menghadapi darurat Covid-19 yang kasusnya semakin meningkat bahkan kian mencemaskan, namun pilkades serentak di 217 desa pada 40 kecamatan kabupaten setempat tetap digelar sesuai jadwal, Selasa (08/06-2021).

Pemkab pun menetapkan hari pelaksanaan (pemungutan suara) pilkades tersebut sebagai hari libur bersama. Sehingga kondisi perkantoran Setda/Pemkab menjadi sunyi sepi nyaris menyerupai pemakaman.

Pilkades Serentak.

Padahal Bupati Rudy Gunawan berulangkali katakan kondisi darurat pandemi itu. Juga kerawanan terjadi konflik dalam pilkades dikemukakannya pula saat  Apel Kesiapsiagaan berkaitan Persiapan Pengamanan Pilkades Serentak 2021 di Mapores, Senin (07/06-2021).

Ada enam dari tujuh pesan diamanatkannya berkaitan keamanan dan konflik pilkades. Namun hanya satu pesan khusus berkaitan wabah corona.

Mencoblos di Pilkades.

Keenam hal dipesankan itu, para petugas akan bertugas menyiapkan mental pelaksanaan pengamanan; melakukan deteksi dini mengetahui dinamikan dan fenomena berkembang di masyarakat; meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan kemungkinan terjadinya aksi terror dan tindakan anarkis.

Memaksimalkan potensi masyarakat di wilayah seperti  tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda untuk membantu prores pemungutan suara; menjaga netralitas selaku aparat keamanan dengan tidak mengarahkan keluarga siapapun untuk memilih pasangan calon kepala desa tertentu.

Terapkan Prokes.

Serta menjalin kerjasama harmonis dengan seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat dalam menunjukkan sinergitas komisioner yang proaktif, katanya.

Sedangkan pesannya berkaitan Covid-19, Rudy mengamanatkan agar menjaga kesehatan, keselamatan, dan mematuhi serta menjalankan protokol kesehatan Covid-19, katanya pula.

Berikut kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut hingga 6 Juni 2021 tercatat mencapai 10.893 orang, dengan 476 orang di antaranya meninggal dunia.

Penularannya belakangan terus meningkat dengan penambahan kasus positif rata-rata mencapai ratusan orang per hari, disertai penambahan kasus kematian juga terus meningkat.

******

Abisyamil, Ilustrasi Fotografer : Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here