Buruh Desak Bupati Garut Rekomendasikan Kenaikan UMK

Buruh Desak Bupati Garut Rekomendasikan Kenaikan UMK

182
0
SHARE
Anak-anak Menyempatkan Bermain Sepakbola di Tengah Berlangsungnya Demo Buruh.
Bupati Keukeuh Pedomani Permenaker.

“Bupati Keukeuh Pedomani Permenaker”

Garutnews ( Selasa, 29/11 – 2022 ).

Ratusan hingga seribuan buruh mendesak Bupati Garut Rudy Gunawan segera merekomendasikan kenaikan UMK setempat mencapai 30 persen kepada Gubernur Jabar, disesuaikan dengan kenaikan BBM.

“Lantaran UMK Garut 2023 (Rp 1.975.220,92), dinilai tidak memenuhi KHL di kabupaten tersebut mencapai sekitar Rp2.190.000,” tandas para pendemo dari beberapa serikat pekerja termasuk ‘Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia’ (KASBI).

Membakar Ban Bekas.

“Apalagi pada 2020 silam tidak ada kenaikan UMK dengan KHL sekitar Rp2.157.531.000,” ungkap Humas¬† SPJM, Ajeng Nuraini antara lain menambahkan.

Namun Bupati Rudy Gunawan saat menerima perwakilan dari para buruh itu, keukeuh memedomani Permenaker Nomor 18/2022,Tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023, yang telah terbit dengan formula penghitungan upah yang baru.

Mendesak Bupati Rekomendasikan Kenaikan UMK.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi masih minimnya upah kerja para buruh, tetapi saya pun tidak mau melanggar peraturan. Sehingga tak bersedia mengeluarkan rekomendasi kenaikan UMK,” imbuh Bupati Garut, Selasa (29/11-2022).

Mengakibatkan terjadinya perdebatan sengit perwakilan pendemo dengan bupati, yang juga didesak bisa langsung menjelaskan kepada para pendemo di luar pagar pintu gerbang.

Mendesak Kendaraan Antar-Jemput Karyawati Bekerja Malam.

Namun desakan ini tak dipenuhinya, dengan alibi sudah diterimanya perwakilan untuk berdialog langsung.

Maka para pendemo pun semakin gencar berorasi bergantian di atas mobil komando meneriakan kekecewaan mereka di depan pintu gerbang Kantor Bupati Garut, bahkan diwarnai pembekaran sekaligus tiga ban mobil bekas.

Mereka antara lain katakan, upah mereka selama ini sangat pas-pasan. Sehingga banyak yang terpaksa terjerat utang-piutang, serta bekerja sambil bedagang secara sembunyi. Sebab jika ketahuan bisa dipecat.

Buruh Berdemo Bersama Anak Kesayangan.

Dikemukakan pula, kenaikan BBM tak hanya berdampak kepada para pemilik kendaraan bermotor. Melainkan terutama berakibat terjadinya kenaikan harga beragam jenis kebutuhan pokok sehari-hari.

“Termasuk juga terjadinya peningkatan harga komoditi lainnya,” ungkap kalangan buruh yang banyak pula dari kalangan perempuan.

Petani dan Buruh Tani Berdemo di Kejari Garut, Senin (28/11-2022).

Hingga Selasa sore, kondisi pintu gerbang Komplek Kantor Bupati terhalang para pendemo sehingga cukup banyak kendaraan dinas yang terjebak tak bisa keluar.

*****

Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY