BPS Kabupaten Garut Semarak Maknai HSN 2023

BPS Kabupaten Garut Semarak Maknai HSN 2023

146
0
SHARE
Badan Pusat Statistik.
“BPS Garut : Dirgahayu HSN 2023”

“BPS Garut : Dirgahayu HSN 2023”

Seluruh jajaran Keluarga Besar ‘Badan Pusat Statistik’ (BPS) Kabupaten Garut, semarak memaknai ‘Hari Statistik Nasional’ (HSN) yang diperingati setiap 26 September saban tahunnya.

Lantaran peringatan tersebut, guna memaknai pentingnya peran statistik bagi pembangunan bangsa, di antaranya sebagai acuan bagi pengambil kebijakan mencapai kesejahteraan Bangsa Indonesia.

“BPS Garut : Dirgahayu HSN 2023”

Sehingga tujuan BPS membantu kegiatan statistik di kementerian, lembaga pemerintah maupun institusi lainnya. Untuk membangun sistem perstatistikan nasional.

Sedangkan manfaat statistik?

Data diolah melalui ilmu statistika berfungsi membantu pemecahan masalah. Tren dari data bisa memberikan prediksi keadaan di masa mendatang berguna pada pengambilan keputusan di masa sekarang.

Ragam Kegiatan Pertandingan Semarakan HSN 2023 di Lingkungan BPS Garut.

Data berupa angka, salah satu hal tak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Data tersebut sebelum diumumkan ke publik, diolah terlebih dahulu melalui ilmu statistika.

Apa sebenarnya ilmu statistika itu? Dilansir dari UCI Departement of Statistics, statistika yakni ilmu berkaitan dengan mengembangkan dan mempelajari metode mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan, dan menyajikan data empiris.

Ragam Kegiatan Pertandingan Semarakan HSN 2023 di Lingkungan BPS Garut.

Maka manfaat statistika : Penyedia data kredibel, Menganalisis data dengan tepat, Menginterpretasi data juga dengan tepat, Menarik kesimpulan logis dan faktual. Memprediksi keadaan di masa mendatang, serta Membantu pengambilan keputusan.

Dodiet Aditya Setyawan dalam Pengantar Statistika (2013) menyebutkan, secara khusus statistika memiliki tiga fungsi.

Bank data Ilmu statistika berfungsi sebagai bank data atau penyedia atau sumber suatu data, dapat dibaca, dianalisis maupun diolah untuk menjelaskan suatu keadaan.

Ilmu statistika berfungsi sebagai alat dalam kontrol kualitas suatu populasi data. Ilmu statistika sebagai kontrol kualitas berfungsi dalam pengawasan, misalnya variabel mana tidak berfungsi, tidak sesuai, tidak efektif, dan menetapkan standar dari suatu keadaan.

Ilmu statistika dibedakan menjadi dua jenis, terdiri statistika deskirptif dan statistika inferensial,

Statistika deskriptif Menurut Furqon dalam buku Statistika Terapan Untuk Penelitian (1999), statistika deskriptif bertugas untuk memeroleh gambaran (deskripsi) atau ukuran-ukuran tentang data yang ada di tangan.

Sehingga statistika deskriptif adalah fungsi statistika sebagai pengumpulan, pengolahan, dan penyajian suatu data penelitian tanpa adanya penarikan kesimpulan.

Statistika deskriptif menjadikan suatu data menjadi lebih ringkas, rapi, dan mudah dipahami, sehingga sangat berguna untuk analisis data kedepannya. Statistika deskriptif biasanya menyajikan data dalam bentuk grafik dan diagram.

Adapun statistika inferensial berfungsi menarik kesimpulan dari suatu data. Subana dalam buku Statistik Pendidikan (2000) menyebutkan, statistika inferensial yakni statistika berhubungan dengan penarikan kesimpulan yang bersifat umum dari data yang disusun dan diolah.

Statistika inferensial merupakan metode melakukan pengamatan dengan cara sampling untuk mengambil data dalam bentuk angka atau numerik bagi keperluan menguji suatu hipotesa.

Proses tersebut dilakukan guna mendapatkan data yang bisa diambil kesimpulanya. Statistika inferensial dibagi pula menjadi dua, yaitu statistika parametrik dan nonparametrik.

Husni Arifin dalam Konsep-Konsep Dasar Statistika (2014) menyebutkan, statistika parametrik mempertimbangkan nilai dari satu atau lebih parameter populasi. Sehingga membutuhkan data berskala pengukuran minimal interval dengan prosedur populasi yang normal.

Sedangkan statistika nonparametrik tidak mempertimbangkan nilai dari suatu parameter populasi. Statistika nonparametrik digunakan menganalisis data berskala ukur nominal yang banyak dengan ditribusi populasi yang tidak normal.

********

Pelbagai Sumber.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY