Bidang Jasa Konstruksi PUPR Minimalisir Kecelakaan Kerja

0
26 views
Pekerjaan yang Sarat Menantang.
Masjid Utama Yadul ‘Ulya Garut, Lepas Landas Kepak Sayap Burung.

“Utamakan Keselamatan Kerja”

Garutnews ( Rabu, 21/12 – 2022 ).

Kepala Bidang Jasa Konstruksi pada Dinas ‘Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang’ (PUPR) Kabupaten Garut, Nadia, ST, M.Si katakan prioritas 2023 di antaranya meminimalisir kecelakaan kerja.

“Bahkan maksimal diupayakan ‘zero accident’ atau nihil tidak adanya kecelakaan penyebab fatality, dan tak ada kecelakaan berakibat hilangnya hari kerja selama 2×24 jam,” imbuhnya kepada Garutnews di ruang kerjanya, Rabu (21/12-2022).

Karena itu, diselenggarakan kegiatan guna penunjang sertivikasi jasa tenaga konstruksi, pihak penyedia juga dianjurkan menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja, serta senantiasa menyediakan sarana pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan kerja.

Masjid Pesantren Tahfidz, Yadul ‘Ulya Panawuan Garut.

“Keselamatan dan kesehatan kerja harus diutamakan, kemudian kualitas serta volume produk pekerjaan,” tandas Nadia pula.

Dikemukakan, jajarannya menyelenggarakan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan jasa konstruksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Guna mewujudkan pengembangan dan peningkatan kompetensi tenaga ahli Konstruksi; Penyelenggaraan sistem Informasi jasa konstruksi; Pelaksanaan kebijakan pembinaan, penyebarluasan Peraturan perundang-undangan, penyelenggaraan pelatihan, bimbingan teknis dan penyuluhan jasa konstruksi.

Kemudian Pengembangan dan peningkatan kapasitas badan usaha jasa Konstruksi; Pelaksanaan pengawasan tertib usaha, tertib penyelenggaraan dan tertib pemanfaatan jasa konstruksi; Pelaksanaan pembinaan lembaga pengembangan jasa konstruksi tingkat kabupaten dan asosiasi jasa konstruksi kabupaten, serta Peningkatan kemampuan teknologi, penggunaan dan nilai tambah jasa dan produk. Dengan sedikitnya 18 uraian tugas,

Sedangkan usaha Jasa konstruksi, usaha yang memberikan pelayanan jasa perencanaan, perancangan, pengawas proyek dan manajemen konstruksi serta pembangunan, pemeliharaan, instalasi, perbaikan dan renovasi termasuk pembongkaran bangunan atau struktur, sistem, utilitas bangunan, fasilitas industri serta bentuk fisik lainnya.

*****

Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here