Bersama Meyambut Dzulhijah

Bersama Meyambut Dzulhijah

156
0
SHARE
Berwisata Halal.

Bulan Dzulhijah adalah bulan yang begitu penting bagi umat muslim, seperti melaksanakan ibadah haji dan berkurban, Selain itu, pada bulan Dzulhijah juga merupakan momen yang penting, yaitu Allah SWT telah menyempurnakan agama Islam di zaman Nabi Muhammad SAW. Berikut tafsir ayat yang menjelaskan hal tersebut.

Sebagaimana yang tertulis pada surat Al Maidah ayat 3 yang berbunyi,

اَلْيَوْمَ يَىِٕسَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ دِيْنِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِۗ اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ فَمَنِ اضْطُرَّ فِيْ مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثْمٍۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Bertadabur Alam.

Arab Latin : al-yauma ya’isal-lażīna kafarū min dīnikum falā takhsyauhum wakhsyaun(i),,al-yauma akmaltu lakum dīnakum wa atmamtu ‘alaikum ni‘matī wa raḍītu lakumul-islāma dīnā(n), fa maniḍṭurra fī makhmaṣatin gaira mutajānifil li’iṡm(in), fa innallāha gafūrur raḥīm(un).

Artinya : “Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu. Oleh sebab itu, janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Maka, siapa yang terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Menurut tafsir tahlili Kemenag, pada ayat ini dijelaskan bahwa pada haji wada orang-orang kafir telah putus asa dalam usahanya untuk mengalahkan agama Islam. Oleh karena itu kaum Muslimin tidak boleh merasa takut kepada mereka tetapi hendaklah takut kepada Allah SWT.

Rehat Sehat.

Selanjutnya dalam ayat ini dijelaskan lagi tentang sesuatu yang penting bagi Nabi Muhammad SAW dan bagi seluruh umat Islam, bahwa Allah SWT telah menyempurnakan agama Islam dan telah mencukupkan nikmat-Nya, serta telah rida agama Islam menjadi agama umat manusia.

ayat ini turun di Arafah tanggal 9 Dzulhijjah 10 H, hari Jumat setelah ashar. Sejarah telah mencatat, bahwa 81 hari sesudah turunnya ayat ini Nabi Muhammad SAW pun wafat setelah menunaikan risalahnya selama kurang lebih 23 tahun.

Memang ajaran Islam telah sempurna, walaupun segala persoalan belum dirinci, tetapi telah cukup sempurna dengan berbagai prinsip urusan duniawi maupun ukhrawi. 

********

Repulika.co.id/Ilustrasi Fotografer : Aba John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY