Bapusipda Garut Mendesak Perlukan Pembangunan Depo Arsip

0
303 views
Lisnawati.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 20/12 – 2016 ).

Lisnawati.
Lisnawati.

“Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah” (Bapusipda) Kabupaten Garut, kini kian mendesak bisa segera terdapatnya pembangunan depo arsip yang memadai.

Bahkan juga diharapkan pada 2017 mendatang dapat terpenuhinya pemenuhan kebutuhan sarana penyimpanan dan penataan arsip dari setiap seluruh SKPD di lingkungan Pemkab setempat, imbuh Kepala Bapusipda Lisnawati.

Lantaran menurut dia, meski terdapat aplikasi penyimpanan arsip berbasis IT maupun digital. Namun bentuk fisiknya pun sangat memerlukan sarana penyimpanan dan penataan yang memadai, katanya kepada Garut News di ruang kerjanya, Selasa (20/12-2016).

Kerusakan Dokumen Kearsipan Akibat Terendam Amuk Sungai Cimanuk.
Kerusakan Dokumen Kearsipan Akibat Terendam Amuk Sungai Cimanuk.

Dikatakan, diperlukannya pembangunan sarana depo arsip yang memadai sekaligus pula bisa dimilikinya galeri bernilai sejarah.

Sedangkan sarana perpustakaan, kini pembangunannya masih gencar dilaksanakan, katanya pula.

Dikatakan, program unggulan Bapusipda Garut 2017, juga berupa pengadaan buku ragam jenis untuk perpustakaan umum, sosialisasi minat bacan, serta pembinaan kearsipan SKPD termasuk pada setiap seluruh pemerintahan kecamatan, serta desa.

Belum lama ini, mendapat bantuan antara lain  dari pusat berupa satu unit mobil perpustakaan keliling berikut 600 judul buku sebanyak 1.196 ekslemplar.

Bantuan Mobil Perpustakaan dari Pusat.
Bantuan Mobil Perpustakaan dari Pusat.

Di antaranya terdiri 10 jenis ilmu pengetahuan, termasuk filsafat, ilmu murni, buku untuk anak-anak di pedesaan, serta buku-buku mengenai teknologi terapan.

Bantuan ini, menyusul gedung Bapusipda sempat terendam banjir amuk Sungai Cimanuk pada 20 September 2016 silam.

Sehingga banyak dokumen arsip termasuk buku-buku pustaka yang mengalami kerusakan berat.

 

*********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here