Banjir di Garut Terjang Sedikitnya Lima Kecamatan

Banjir di Garut Terjang Sedikitnya Lima Kecamatan

141
0
SHARE
Dampak Banjir di Selatan Garut.
Dampak Banjir Garut Utara.

“Diperlukan Upaya Penanggulangan Menyeluruh”

Garutnews ( Kamis, 30/03 – 2023 ).

Derasnya terjangan intensitas curah hujan sepanjang, Rabu (29/03-2023) sore hingga malam, berdampak banjir yang melanda sedikitnya lima wilayah kecamatan di Kabupaten Garut.

Meliputi Kecamatan Talegong, Caringin, Cikajang, Bayongbong, dan Kecamatan Banyuresmi. Meski tak ada korban jiwa, namun menyebabkan sejumlah rumah penduduk terancam, bahkan akses jalan lalu lintas pada sejumlah titik lokasi sempat tertutup.

Bupati Garut Rudy Gunawan kepada Garutnews antara lain katakan, segera merekonstruksi kondisi terdampak bencana tersebut.

Hujan deras di Kecamatan Talegong terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, mengakibatkan banjir bandang pembawa material batu dan lumpur memutus jalan kabupaten di betulan Kampung Rumah Peuteuy Desa Mekarluyu menjadi lumpuh total tidak bisa dilintasi.

Dokumentasi Longsoran Tebing.

Malahan satu bangunan rumah milik Yuyus (57) di Desa Mekarluyu juga terancam akibat kejadian tersebut.

“Saat ini jalan kabupaten lumpuh total tidak bisa dilintasi, lantaran material berupa batu turun ke badan jalan di Kampung Rumah Peuteuy Gunung Cabe RT. 03/01 Dusun Cigembong Desa Mekarmulya,” ungkap Camat Muhammad Badar Hamid.

Selain itu, juga menerjang sejumlah desa di Kecamatan Bayongbong. Camat setempat Frederico Fernandes katakan, ada lima rumah warga terdampak dengan kerugian sekitar Rp100 juta.

Curah hujan tinggi pada pukul 14.00 WIB – 19.00 WIB ini, berdampak juga beberapa bangunan lain. Seperti masjid di Kampung Cimuncang RT.003/006 Desa Salakuray, tembok penahan tanah (TPT) dj Kampung Cikajar RT.003/004, Desa Sukarame, dan ruas Jalan Raya Bayongbong sepanjang 50 meter.

Kepala Pelaksana BPBD Satria Budi katakan pula, Kamis, hujan berintensitas tinggi menyebabkan debit air anak sungai meningkat mengalami luapan ke ruas badan jalan di Jalan Raya Bayongbong Kampung Nangoh Az-Zahra.

Sehingga akses lalu lintas sempat terganggu. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Pada pukul 16.18 WIB, air mulai surut secara berangsur-angsur dan lalu lintas normal kembali.

Dikatakan, di Kecamatan Cikajang dua desa terdampak. Di Desa Padasuka, tepatnya di Kampung Padasuka RT.03/03 TPT ambruk setinggi sekitar enam meter/lebar 20 meter, mengakibatkan dua unit rumah terdampak.

Sedangkan di Desa Cikajang, TPT ambruk setinggi enam meter/lebar 18-20 meter di Kp. Peuntas RT.01/04 Desa Cikajang mengakibatkan dua unit rumah terdampak.

Sedangkan Kecamatan Caringin, Kp. Jonih RT.003/007 Desa Purbayani, hujan berintensitas tinggi disertai angin kencang pukul 16.00 WIB, mengakibatkan satu unit rumah roboh, penyintas dengan satu Kepala Keluarga dengan empat penghuni sementara  ditempatkan di rumah keluarganya.

Di Banyuresmi, Pusdalops PB BPBD Kabupaten Garut melakukan Asessment di lokasi kejadian di Kp. Cigaruguy, Desa Pamekarsari, atas laporan  masyarakat serta perangkat desa, akibat  hujan mengguyur wilayah tersebut dengan intensitas tinggi dari pukul pukul 14.00 WIB, sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Mengakibatkan terjadi banjir akibat luapan air dari jalan raya bypass. Berdampak pada beberapa unit rumah warga serta fasilitas umum, terdiri 32 unit rumah terdampak serta dua unit fasilitas ibadah terdampak dengan ketinggian air sekitar 70 cm, katanya.

******

Abisyamil/Fotografer : Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY