ANP AMAL Tuntaskan Pembangunan Masjid Ikonik Rp4 Miliar Yadul ‘Ulya

0
74 views
Aris Nugraha (kedua dari atas), Meninjau Lantai Tiga Masjid Kampus Peradaban Ponpes Yadul 'Ulya.
Sambil Bersafari ke Daerah, Tinjau Lantai Dua Masjid Ponpes Yadul ‘Ulya Garut.

“Bangunkan Peradaban Emas Generasi Mendatang”

Garut News ( Senin, 13/07 – 2020 ).

ANP AMAL, Yayasan Aris Nugraha Peduli Jabodetabek, Indonesia. Berhasil menuntaskan pembangunan masjid berstruktur bangunan ‘ikonik’ bernilai Rp4 miliar di Kampus Peradaban Ponpes/Kuttab Yadul ‘Ulya Kampung Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul Garut.

Aris Nugraha, Sutradara Preman Pensiun dan Bajaj Bajuri antara lain katakan, tuntasnya fisik bangunan masjid belum pernah ada sebelumnya dengan sentuhan arsitektur  ‘metafora’ tersebut, merupakan pembangunan kedua setelah masjid di Lombok NTB.

Wakil Bupati Garut, dr H. Helmi Budiman Antara Lain Bersama Preman Pensiun Meletakan Batu Pertama Dimulainya Pembangunan Masjid Ponpes Tersebut, Jum’at (01/03-2019) Silam.

ANP AMAL resmi dibentuk 31 Januari 2019 diketuai Iranty Purnamasari dibantu sejumlah artis, dan crew Tukang Ojek Pengkolan juga artis dan crew ANP Films yang melahirkan beberapa serial televisi, di antaranya Preman Pensiun.

Antara fokus pada kegiatan membantu membangun sekolah dan tempat ibadah di daerah membutuhkan, yang masyarakatnya belum siap dalam pembiayaan secara mandiri.

Aris Nugraha di Masjid Ponpes Yadul ‘Ulya.

“Sehingga setiap tahunnya menargetkan bisa membangun satu masjid, serta satu sekolah,” ungkap Aris Nugraha ketika bersafari bersama artis dan crew ANP Films sekaligus meninjau langsung tuntasnya kondisi pembangunan masjid Ponpes Yadul ‘Ulya Garut, Senin (13/01-2020).

Dikatakan, tuntasnya pembangunan masjid ini dipastikan bisa memberi banyak manfaat bagi kegiatan pendidikan keagamaan anak-anak, bahkan serial televisi Preman Pensiun juga aman ditonton siapun termasuk oleh anak-anak, imbuhnya.

M. Angga Tirta.

Pimpinan Yayasan Tahfidz Qur’an Garut, M. Angga Tirta mengemukakan pula apresiasi serta penghargaan yang setulus-tulusnya atas sumbangsih ANP AMAL bersama seluruh kalangan artis dan crew ANP Films, yang membantu membangun peradaban emas generasi mendatang.

Lantaran pembangunan masjid tersebut, meski belum formal diresmikan. Namun kini maksimal dimanfaatkan oleh para santri maupun penduduk sekitar Ponpes Yadul ‘Ulya, dengan total kapasitas mencapai ratusan jamaah.

Ust. Salman Pimpin Do’a Bersama.

Lantaran lembaga pendidikan keagamaan ini didirikan, sebagai solusi kian mahalnya ongkos pendidikan yang bermutu. Maka setiap seluruh santri di Ponpes Yadul ‘Ulya mendapatkan subsidi.

Bersumber pendanaan dari beragam usaha kemandirian ekonomi, di antaranya busana muslimah anak-anak, ragam kuliner halal dan sehat, serta agrobisnis.

Masjid Kian Jadikan Perekat Silaturahim.

“Pemkab Garut pun sangat bangga, dan sangat mendukung formula pendidikan yang dikembangkan,” imbuh Helmi Budiman dalam tausyiahnya pada helatan khitanan massal serta peletakan bantu pertama pembangunan masjid tiga lantai Ponpes tersebut, Jum’at (01/03-2019) silam.

Masjid tiga lantai berluas bangunan 230 m2 tersebut, beratap sepintas menyerupai kepak sayap burung ‘besi’ yang melesat lepas landas mengangkasa.

Seusai Bersilaturahmi Dengan Santri Ponpes Yadul ‘Ulya.

“Berupa memindahkan wujud seseorang yang khusyuk duduk di antara dua sujud menghadap kiblat,” ungkap arsitek penggagasnya Iim Hamida, STA.

Totalitas sayapnya seluas 560 m2 menaungi seluruh bangunan utama berukuran 10×23 m yang berkaidah ‘green architecture’ itu, berkonsepsikan upaya meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan alam maupun manusia.

Berbagi Dengan Masyarakat Sekitar Ponpes Yadul ‘Ulya.

“Juga bisa menghasilkan tempat yang lebih baik dan lebih sehat, dengan memanfaatkan sumber energi, dan sumber daya alam secara efisien serta optimal,” imbuh Iim Hamida pula.

Masih menurut Iim Hamida, mewujudkan pemenuhan pemesanan struktur bangunan ‘ikonik’ dari Pimpinan Yayasan Tahfidz Qur’an Garut, M. Angga Tirta tersebut kini struktur utama, tengah, dan atasnya berkondisi tuntas terselesaikan.

Bersama Penggemar.

“Demikian pula volume frame maupun bingkai secara keseluruhan juga selesai, dikerjakanb,” bebernya kepada Garut News.

Artis Menganjurkan Banyak Beredekah.

“Maka Masjid Yadul ‘Ulya berikonik sejati ini diharapkan bisa menjadi warisan abadi yang tak lekang kemajuan zaman maupun oleh dimensi ruang dan waktu”

Masjid berstruktur bangunan ‘ikonik’ dengan sentuhan arsitektur ‘metafora’.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here