Alih Fungsi Lahan dan Sampah Penyebab Bencana

0
24 views
Sangat Parahnya Endapan Tumpukan Sampah Memenuhi Sepanjang Aliran Sungai di Ciparay Kecamatan Karangpawitan Garut.
Kondisi Ini Berlangsung Sepanjang Tahun Selama Ini.

“Puluhan Ribu Hektar Garut Kritis”

Garutnews ( Sabtu, 07/11 – 2020 ).

Bencana tanah longsor juga banjir bandang selama ini kerap  terjadi di Kabupaten Garut, penyebabnya didominasi alih alih fungsi lahan, dan tumpukan endapan sampah. 

Lantaran alih fungsi lahan mencapai puluhan ribu hektare antara lain di kawasan hulu Sungai Cipalebuh Pameungpeuk serta wilayah selatan lainnya di Kabupaten Garut, selain menjadikan semakin tingginya sedimentasi pada dasar sungai.

Semakin Terancam Membahayakan.

Juga kian besarnya aliran deras air yang meluap mencapai ketinggian belasan meter, menggerus pemukiman penduduk sepanjang daerah alirannya, setiap diguyur hujan berintensitas curah tinggi.

Kondisi tersebut, kian diperparah tumpukan ragam jenis sampah yang selama ini pula kerap dibuang ke sungai. Termasuk pada selokan yang melintasi pemukiman penduduk hingga di wilayah perkotaan.

Sarat Ditanami Sayuran.

Sedangkan ragam upaya konervasi lahan berupa reboisasi dipastikan keberhasilannya menelan waktu sangat lama, tak sebanding dengan masifnya  penebangan pohon maupun alih fungsi lahan.

Kemudian upaya konservasi air berupa pengerukan endapan sedimentasi sungai, dan pembangunan keermer atau tembok penahan air sepanjang aliran sungai, hanya berfungsi sementara, jika akar permasalahannya tak tuntas diatasi.

Menjadi Lokasi Pabrik.

Akar permasalahannya berupa alih fungsi lahan, dan tumpukan endapan sampah yang senantiasa bisa kembali menimbulkan masalah baru hingga kapan pun.

Demikian foto berita garutnews akhir pekan ini, Sabtu ( 07/11 – 2020 ).

******

Esay/Fotografer : Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here