Agar Allah SWT Mudahkan Segala Urusan Kita, Ini Saran Ibnu Athaillah

Agar Allah SWT Mudahkan Segala Urusan Kita, Ini Saran Ibnu Athaillah

76
0
SHARE
Maha Kaya Allah SWT, Pemilik Alam Semesta.

“Ibnu Athaillah meyakini Allah akan melancarkan segala kebaikan hamba-Nya”

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandari dalam kitab Al-Hikam menyampaikan saran agar Allah SWT membantu kita. Di antaranya adalah agar diri kita memperlihatkan ketidakberdayaan diri kita di hadapan Allah SWT, supaya Allah SWT membantu kita dengan kekuatan-Nya.

“Perlihatkanlah sifat-sifat kamu, maka Allah SWT akan membantu kamu dengan sifat-sifat-Nya. Perlihatkanlah rasa hina kamu, maka Dia akan membantu kamu dengan keagungan-Nya. Perlihatkanlah kelemahan kamu, maka Dia akan membantu kamu dengan kekuasaan-Nya. Perlihatkanlah ketidakberdayaan kamu, maka Dia akan membantu kamu dengan kekuatan-Nya.” (Syekh Ibnu Athaillah, Al-Hikam).

Membidik Asa.

Jikalau kamu ingin mendapat kemuliaan di hadapan manusia, maka perlihatkanlah sifat-sifat asli kamu di hadapan Allah SWT. Kamu adalah hamba, sedangkan Allah SWT adalah Khaliq Yang Maha Kuasa, yang mampu melakukan apapun yang diinginkan-Nya.

Berikan hak setiap sifat yang kamu miliki. Jangan menzaliminya. Perlihatkanlah rasa hina kamu kepada Allah SWT dalam berdoa, sholat, dan lain sebagainya.

Membidik Asa.

Sehingga, Allah SWT akan membantu kamu dengan keagungan-Nya. Jangan pernah merasa hebat di hadapan-Nya. Kamu adalah makhluk hina yang berasal dari tanah, dan tidak ada yang laik kamu banggakan.

Perlihatkanlah kelemahan kamu kepa­da Allah SWT, maka Allah SWT akan membantu kamu dengan kekuasaan-Nya. Janganlah kamu merasa kuat di hadapan-Nya. Walaupun otot kamu besar maka itu tidak akan cukup menghadapi godaan dan rayuan setan.

Hanya Allah SWT semata-mata yang mampu menyelamatkan kamu dari kehan­curan. Oleh karena itu, mohonlah selalu pertolongan-Nya untuk menutupi kelemahan kamu.

Perlihatkanlah ketidakberdayaan kamu kepada Allah SWT, maka Dia akan membantu kamu dengan kekuatan-Nya.

Sekarang, perhatikanlah sesuatu yang banyak terjadi pada zaman sekarang ini. Di mana-mana, ada bencana, mulai dari gunung meletus, banjir bandang, tsunami, angin topan, dan lain sebagainya. Apakah kamu mampu menghadapi semua bencana ini?

Kamu tidak mampu menghadapi semua itu. Kamu lemah dan tidak berdaya. Hanya Dia-lah yang mampu mem­bantu kamu dengan kekuatan-Nya. Berdoalah kepada-Nya, dan jangan pernah putus dalam berdoa.

Jikalau kamu rajin membaca sejarah para Nabi dan wali Allah SWT, maka kamu akan mendapatkan berbagai kisah yang menakjubkan.

Bagaimana seorang laki-laki lemah yang bertugas menyampaikan risalah Ilahiah mampu menghadapi para penguasa besar dan zalim. Semua itu tidak lain hanyalah berkat bantuan-Nya.

Demikian penjelasan perkataan Syekh Ibnu Athaillah sebagaimana dijelaskan penyusun dan penerjemah kitab Al-Hikam, DA Pakih Sati Lc dalam buku Kitab Al-Hikam dan Penjelasannya yang diterbitkan penerbit Noktah tahun 2017.

*******

Republika.co.id/Ilustrasi Fotografer : Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY