75 Persen Lulusan SMA Garut ‘Ogah’ Jadi Sarjana

75 Persen Lulusan SMA Garut ‘Ogah’ Jadi Sarjana

216
0
SHARE
Bersemangat ke Sekolah.
Pulang Sekolah Lintasi Kesenyapan.

Garutnews ( Jum’at, 04/08 – 2023 ).

Berdasar catatan Pemkab,  dari keseluruhan jumlah lulusan SMA sederajat di Kabupaten Garut setiap tahunnya. Ternyata hanya 25 % lulusan melanjutkan jenjang pendidikannya ke perguruan tinggi.

Sedangkan sisanya Pemkab pun mengaku belum mengetahui kemana mereka itu. Namun, melansir data BPS, kebanyakan dipastikan berkontribusi terhadap angka pengangguran di kabupaten ini.

Bupati Rudy Gunawan juga mengungkapkan, setiap tahunnya hanya sekitar 10.000 atau 25 persen dari 40.000 lulusan SMA dan sederajat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT).

“Selebihnya 30.000 lainnya tak diketahui. Apakah bekerja, berwiraswasta, atau bagaimana? Namun dipastikan banyak menjadi bagian dari kelompok pengangguran terbuka tercatat BPS,” ungkapnya saat menghadiri Pelantikan Rektor UNIGA Masa Jabatan 2023-2028 di Aula Gedung B, Rabu (02/08-2023).

“Jika kita hitung 10 ribu ke perguruan tinggi. Ke mana 30 ribu orang lagi ? Dan itu menjadi bagian dari pengangguran terbuka dicatat oleh BPS. Tentu, ini menjadi perhatian kita ke depan,” katanya.

Rudy mengingatkan pula pentingnya kerjasama semua pihak meningkatkan kemampuan masyarakat, terutama lulusan SLTA, dengan harapan bisa mengurangi angka pengangguran.

Dalam kesempatan tersebut, Rudy juga menyampaikan ucapan selamat kepada Abdusy Syakur Amin kembali terpilih menjadi Rektor Uniga.

Pantauan lapangan menunjukkan, para lulusan SMA sederajat tak sedikit memilih mencari pekerjaan. Bahkan mengajukan mendapatkan kartu angkatan kerja (AK1) ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi terutama pascakelulusan baru setiap tahun ajar didominasi lulusan SMA dan sederajat.

Berdasar data BPS, pada Februari 2022 tingkat pengangguran terbuka di kabupaten setempat mencapai sebesar 8,35 persen. Sedangkan jumlah angkatan kerjanya pada Agustus 2022 mencapai sebanyak 1,3 juta.

********

Abisyamil, JDH/Ilustrasi Fotografer : Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY