Di Tengah Pandemi (Sambungan…..)

0
18 views
Termonitor di Lantai Tiga Masjid Yadul 'Ulya Garut.
Penyajian Materi Praktek, dan Pelatihan.

“Di Tengah Pandemi”

Pembagian Ruqiyah dalam syariat Islam, yaitu ruqiyah syar’iyyah dan ruqiyah syirkiyah. Ruqiyah syar’iyyah yang benar menurut syariat Islam di antaranya dengan cara membacakan ayat Al-Qur’an di antaranya surat Al-Fatihah adalah Ar-Ruqiyah, meminta perlindungan kepada Allah, zikir dan doa dengan maksud menyembuhkan sakit.

Sedangkan Ruqiyah Syirkiyah biasa dipraktikkan para dukun. Ruqiyah di kalangan para dukun dikenal dengan istilah jampi-jampi atau mantra.

Berlangsung Kondusif.

Lebih terlarang lagi jika di dalamnya menggunakan jampi-jampi yang jelas-jelas mengandung kesyirikan, meminta tolong pada jin, atau meminta agar menyembelih hewan tertentu untuk jin.

Seperti ini jelas syirik. Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa dia mendengar rasulullah ﷺ bersabda,
“ إِنَّ الرُّقَى وَالتَّمَائِمَ وَالتِّوَلَةَ شِرْكٌ “Sesungguhnya mantra-mantra, jimat-jimat dan pelet adalah syirik.” [15]

”Hadits ini menunjukkan akan adanya jampi-jampi atau mantra-mantra yang mengandung kesyirikan”.

Menyediakan Obat-Obatan Herbal.

Ust. Sofwan Setiawan secara rinci memaparkan pula syarat Ruqiyah, musuh Ruqiyah, serta memberikan peluang bagi yang hendak  berkonsultasi mandiri.

Rangkaian helatan tersebut, juga sebagai upaya serius mencegah penyebaran positif Covid-19 di kabupaten ini yang terus merebak bervolume harian mencapai puluhan kasus, bahkan diwarnai kematian.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 kabupaten setempat mencatat, total keseluruhan positif Covid-19 di kabupatennya kembali meningkat menjadi 1.831 kasus dengan 41 kematian.

Berlangsung Tanya-Jawab (Dialogis).

Lantaran penambahan 47 kasus baru positif dengan empat di antaranya meninggal dunia, Sabtu (28/11-2020). Menjadikan pula keseluruhan kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Garut bertambah lagi menjadi 41 kasus.

Hingga, Ahad (29/11-2020) Pukul 19:41:10 WIB, totalitas terinsfeksi corona mencapai  18.439 Orang. Terdiri Konfirmasi 1.831 Orang, Probable 1 Kasus, Suspect 3.607, dan
Kontak Erat mencapai 13.000 Orang. GTPP Covid-19.

(Selesai).

*******

Abisyamil, JDH/Foto : Abah John.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here