Menelisik Manfaat Air Kelapa Muda

Menelisik Manfaat Air Kelapa Muda

593
0
SHARE
Menyegarkan.
Penawar Dahaga Kemarau Panjang.

“Jika Ragu, Silahkan Konsultasi Dengan Dokter”

Garutnews ( Ahad, 04/06 – 2023 ).

Setiap dari seluruh bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan termasuk airnya. Lantaran mengandung nutrisi penting, yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaatnya banyak ditemukan pada kelapa muda berwarna hijau. Kesegarannya pun bisa menghidrasi secara alami.

Sebab mengandung gula serta vitamin C, juga karbohidrat mudah dicerna. Selain rendah lemak dan serat.

Penuhi Kebutuhan Konsumen.

Berdasar United States Department of Agriculture (USDA), satu gelas air kelapa (245 g) mengandung: Kalori: 44, Karbohidrat: 10.4 g, Natrium: 64 mg, Vitamin C: 24.3 mg, Serat: 0 g, Lemak: 0 g, Gula: 9.6 g, Protein: 0.5 g, dan Kalium: 404 mg.

Manfaatnya bagi kesehatan, karena 1. Mengandung Antioksidan. Molekul reaktif dihasilkan sel dikenal sebagai radikal bebas. Nah, sel-sel manusia memproduksinya selama metabolisme.

Memiliki terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh, akan menyebabkan keadaan stres oksidatif. Di mana hal itu berbahaya dan bisa meningkatkan risiko suatu penyakit.

Pembudidaya Pohon Kelapa di Cibiuk.

Air kelapa mengandung pula beragam antioksidan. Membantu pengurangan stres oksidatif, serta membantu memerangi radikal bebas. Terutama air kelapa yang segar.

2. Rendah Kalori. Air kelapa, minuman rendah kalori. Sehingga bisa menyegarkan berkalori lebih rendah daripada minuman manis.

3. Bermanfaat sebagai minuman pasca olahraga, lantaran sifat rehidrasinya. 4. Bisa Menurunkan Gula Darah, dipercaya membantu mengelola manajemen gula darah pada hewan diabetes. Tetapi, penelitian pada manusia masih kurang. Kendati mengandung magnesium.

Siap Tanam.

Magnesium membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu membantu menurunkan kadar gula darah pada diabetes tipe 2 dan pra diabetes.

5. Mungkin Menurunkan Kolesterol,  6. Baik untuk Kesehatan Jantung, meningkatkan kadar high-density lipoprotein. Tingginya kadar high-density lipoprotein itu, membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Mengatur Keseimbangan Cairan dan Elektrolit dalam Tubuh. Kandungan kalium pada air kelapa membantu mengatur keseimbangan cairan, dan elektrolit dalam tubuh kita.

8. Membantu Mencegah Batu Ginjal, membantu mencegah penyakit batu ginjal, 9. Dapat membantu Menurunkan Berat Badan, 10. Membantu Mengontrol Gejala Setelah Mabuk (Hangover).

11. Membantu Mencegah Sembelit, 12. Mengandung Sitokin yang Membantu Respons Imun, 13. Membantu Membuat Kulit Cerah dan Punya Efek Anti Penuaan.

14. Asam Amino. Arginin dalam air kelapa juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

15. Membantu saat Sakit, bisa meningkatkan hidrasi, sehingga mampu menjaga keseimbangan elektrolit.

Jika memiliki penyakit ginjal yang kronis, hendaknya konsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa muda.                                                      

*******

Pelbagai Sumber/Ilustrasi Fotograferr : Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY