Yadul ‘Ulya Wujudkan Kemandirian Pangan Berprogram Gemah Ripah

0
10 views
Kuttab Yadul 'Ulya.
Ponpes Yadul ‘Ulya.

“Tenteram Makmur Dengan Kesuburan Tanahnya”

Garut News ( Ahad, 13/10 – 2019 )

Kuttab Yadul ‘Ulya di Kampung Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul Garut, Jawa Barat, dalam upayanya mewujudkan kemandirian pangan pesantren. Direalisasikan melalui program “Gemah Ripah” maupun “Tentram dan Makmur” serta ternak ayam.

Pengembangkan ternak ayam sebagai salah satu perwujudan kemandirian pangan tersebut, selain bisa memenuhi kebutuhan gizi para santri juga pengelola lembaga pendidikan ini, juga sekaligus dijadikan komoditi bernilai ekonomi.

“Memasok potensi pemenuhan kebutuhan pangsa pasar, sebagai penunjang operasional ragam kegiatan pada Ponpes Modern Digital, Tahfidz Qur’an,” ungkap Pimpinan Ponpes itu M. Angga Tirta.

Areal Persawahan Lingkungan Ponpes Yadul ‘Ulya.

Sedangkan nilai lebih lainnya yang dipastikan dapat diperoleh para santri, selain mereka menunaikan kewajiban utama belajar ilmu agama juga bisa dimilikinya keterampilan beternak.

Sehingga pada gilirannya pula, dapat berkemampuan membuka usaha mandiri setelah menuntaskan proses pembelajarannya di kuttab Yadul ‘Ulya.

Karenanya, melalui program gemah ripah loh jinawi tersebut semata-mata untuk meraih peri kehidupan yang tenteram dan makmur dengan kesuburan kondisi tanahnya dilandasi adab bernilai luhur keagamaan.

Malahan dilandasi pula dengan keikhlasan maupun kecintaan yang tulus para santri, mereka bisa memahami seluruh makna kandungan ayat-ayat suci Al Qur’an, dengan upaya penuh ketekunan belajar, serta menghafalnya.

Termasuk dimilikinya keterampilan berusaha mandiri, sebagai bekal jika kelak terjun di tengah masyarakat. Dipastikan tak akan menjadi beban sosial melainkan dapat ikut serta meringankan beban masyarakat bahkan juga meringankan beban pemerintah.

Lantaran selama belajar ilmu agama di Ponpes Yadul ‘Ulya, sekaligus belajar beternak dan bercocok tanam yang baik dan benar, imbuh Angga Tirta, Ahad (13/10-2019).

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here