Yadul ‘Ulya Besar Besaran Produk Pakan Ternak

0
14 views
Media Produksi Pakan Ternak Organik.
Bisa Penuhi Kebutuhan Usaha Ponpes.

“Bisa Penuhi Kebutuhan Usaha Pesantren”

Garut News ( Rabu, 26/02 – 2020 ).

Ponpes/Kuttab Modern Digital Yadul ‘Ulya di Kampung Panawuan Sukajaya Tarogong Kidul Garut, kini secara besar-besaran memproduksi pakan ternak berupa magot maupun belatung dari telur lalat hitam, yang dipastikan bisa memenuhi kebutuhan usaha pesantren.

“Selain diperuntukan bagi pakan peternakan lele, dan beragam jenis ikan air tawar juga sisa limbahnya dimanfaatkan untuk proses pemupukan organik agar dapat meningkatkan kualitas kesuburan tanah,” imbuh Pimpinan Tahfidz Qur’an Garut, M. Angga Tirta.

Wisata Edukasi Kampung Domba.

Sedangkan manfaat lain, di antaranya mendidik para santri agar senantiasa mereka bisa memaknai hikmah manfaat dari beragam sumber daya yang tersedia di alam semesta ini untuk kemaslahatan, ungkapnya.

Bahkan selain dari belatung telur lalat hitam, pakan ternak pun kini gencar diproduksi dari limbah sayuran dapur.

Limbah sayuran dapur ini, masing-masing ditampung pada kemasan kotak maupun drum plastik yang ditutup rapat agar tak menyebarkan bau menyengat keluar.

Tingkatkan Kualitas Kesuburan Tanah.

Sedangkan pakan ternak berupa rumput untuk penggemukan domba terlebih dahulu dilakukan permentasi.

Kemudian limbah kotoran dombanya antara lain guna memenuhi kebutuhan instalasi biogas, yang juga limbahnya untuk memupuk tanaman serta menyuburkan tanah.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here