Jika Anda Galau Berwisatalah Ke Garut

0
214 views

Wisata Garut

Fotogfrafer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 07/12 – 2016 ).

Wisata Garut
Wisata Garut

Sedang Galau ? Barangkali obyek wisata di kawasan Wisata Garut bisa cocok menjadi tempat tujuan. Banyak sekali pilihan tempat wisata di Garut yang bisa menjadi obat Galau yang sedang atau mungkin akan anda alami.

Wisata Garut

Menghadapi kemungkinan lonjakan wisatawan ke sejumlah obyek wisata di kabupaten tersebut pada musim liburan panjang libur sekolah, natal, dan pergantian tahun 2016 – 2017, Disbudpar kabupaten setempat menempuhsejumlah langkah antisipasi berfokus peningkatan pelayanan kenyamanan, dan keamanan bagi wisatawan, katanya.

Kawasan obyek wisata Garut pantai Santolo, dan sekitarnya di wilayah selatan Garut, serta kawasan obyek wisata Cipanas pun mendapatkan perhatian secara khusus, katanya pula.

“Kita sudah rapat internal dinas membahas kesiapan menghadapi liburan panjang akhir tahun, terutama aspek pengamanannya. Nanti dilanjutkan pertemuan dengan pelaku usaha wisata. Termasuk perhotelan, rumah makan, dan usaha hiburan karaoke. Jam tayang harus diperhatikan, dan tak boleh membawa minuman keras. Kemudian dilakukan juga koordinasi dengan unsur Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan/Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) pada obyek wisatanya,” ujar Kepala Disbudpar Budi Gan Gan, Selasa (6/12-2016).

Kata dia, langkah pertemuan dan koordinasi dengan para pelaku usaha serta unsur Muspika dilakukan sebagai upaya memersamakan persepsi dan kesiapan menghadapi kemungkinan terjadi lonjakan jumlah wisatawan ke obyek-obek wisata di Garut pada musim liburan panjang akhir tahun. Terutama menyangkut standar pelayanan keamanan dan keselamatan bagi para wisatawan.

Perhatian khusus diberikan pada kawasan obyek wisata Cipanas, dan wisata pantai, karena selain terdapat area rawan kecelakaan, juga kawasan obyek wisata ini merupakan daerah tujuan wisata favorit. Sehingga diperkirakan mendapatkan lonjakan jumlah kunjungan wisatawan cukup signifikan, seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Disepakati, kawasan Cipanas, setiap kolam renang mesti disiapkan petugas ekstra melakukan pengawasan. Baik kolam renang milik Pemerintah Daerah seperti Cipanas Indah maupun milik swasta,” imbuhnya.

Sedangkan di kawasan obyek wisata pantai selatan Garut, khususnya mulai Karangpapak hingga Santolo, dan Karangparanje dipasangi rambu-rambu keselamatan pada zona-zona berbahaya. Koordinasi dengan unsur Muspika setempat, dan penyiapan petugas pengamanan pantai juga terus dilakukan.

 

“Kita sudah mengirim ban-ban pembatas zona renang ke Santolo. Kita juga ada sekitar 20 balawista membantu pengamanan wisatawan menghabiskan liburan di pantai-pantai itu. Hanya, kita sadari peran para balawista ini belum bisa optimal sebab memang kita belum bisa memberikan honor bagi mereka. Selama ini, mereka masih lebih bersifat sukarelawan,” kata Gan Gan.

*******

(nz, jdh)

Berikut Adalah Rekomendasi Wisata Garut yang layak untuk anda kunjungi :

10 Objek Wisata Garut

Garut adalah salah satu kabupaten yang lokasinya cukup strategis di Provinsi Jawa Barat. Lokasinya yang cukup strategis serta mudah diakses melalui jalan darat. Dari Bandung, Garut dapat diakses hanya sekitar 2 jam, menggunakan jalan tol Padaleunyi. Daerah yang satu ini memiliki berbagai macam objek wisata menarik yang patut untuk Anda kunjungi. Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Garut.

1. Gunung Papandayan
Adalah gunung yang menjadi favorit para pendaki dikarenakan memiliki berbagai pilihan pemandangan yang cantik serta memiliki tinggi yang tidak terlalu susah untuk di daki yaitu pada kisaran 2,665 mdpl. Tidak diperlukan peralatan berlebih saat ingin menjelajahi gunung Papandayan ini. Di sini banyak tersedia pilihan camping ground baik di dekat area parkir atau bisa juga di area yang agak menantang yaitu puncak papandayan.

Lokasi Gunung Papandayan ini berada di Garut Selatan, tepatnya di kecamatan Cisurupan, kabupaten Garut. Lokasi ini memiliki pemandangan yang sangat indah, tinggnya sekitar 2665 mdpl. Lokasi objek wisata ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut, dan jika Anda ingin mengunjungi kawasan ini menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda dapat menggunakan angkutan umum, menuju alun alun Cisurupan, dari sini Anda dapat menggunakan ojek atau mobil colt ke Taman Wisata Alam Papandayan. Jalur yang ditempuh tidak terlalu ekstem bahkan cukup landai, hingga bisa didaki oleh siapa saja, termasuk para pendaki pemula. Yang menarik dari tempat ini adalah Anda akan melihat kawah Papandayan, area camping, hitam mati, dan lainnya.

Berikut adalah beberapa pilihan foto terbaik dari wisata garut gunung papandayan

Wisata Garut Wisata Garut Wisata Garut Wisata Garut

 

2. Candi Cangkuang

Objek wisata pertama yang akan dibahas adalah Candi Cangkuang, atau orang menyebutnya dengan situ cangkuang. Disebut demikian, karena lokasi candi berada dekat dengan situ atau danau dalam bahasa Sunda. Candi Cangkuang ini adalah salah satu candi peninggalan Hindu, disebut dengan Cangkuang, karena lokasi candi tersebut berada di daerah Cangkuang. Atau tepatnya di daerah Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Apabila Anda ingin mengunjungi candi Cangkuang, sebaiknya Anda menyewa sebuah rakit, karena lokasi candi tersebut berada di tengah danau Cangkuang. Candi dan danau Cangkuang ini berada di sebuah kampung yang disebut dengan kampung Pulo.

 

 

 

3. Gunung Cikuray

Ingin menikmati indahnya matahari terbit dari atas awan, tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi Gunung Cikuray. Gunung ini adalah salah satu gunung yang ada di daerah Garut. Tingginya sekitar 2821 mdpl, dan untuk memperoleh pemandangan yang indah, maka Anda harus menginap di puncak gunung Cukuray tersebut. Menuju lokasi puncak, Anda dapat masuk melalui kecamatan Cilawu, kecamatan Cikajang, kecamatan Cigedung atau kecamatan Banjarsari. Ada 3 jalur pendakian yang dapat Anda pilih, antara lain jalur gunung Cikuray via Bayongbong, Cikuray via pemancar Cilawu, dan jalur Cikuray via Cikajang. Dibandingkan gunung Papandayan, jalur pendakian ke gunung ini tergolong cukup terjal, menuju puncak, Anda harus berjalan sekitar 4 hingga 6 jam perjalanan.

wisata garut

wisata garut

4. Situ Bagendit

Situ dalam bahasa Sunda artinya danau, jadi Situ Bagendit artinya danau Bagendit. Danau yang satu ini memiliki pesona alam yang sangat menarik, dan pastinya tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Apabila Anda ingin mengunjungi objek wisata yang satu in Anda perlu berjalan kaki sekitar 30 menit dari pusat kota Garut, atau jaraknya sekitar 13 KM, ke arah Banyuresmi. Ada berbagai macam wahana yang dapat Anda nikmati di kawasan ini, antara lain, sepeda air, rakit bambu, jet ski, memancing atau bahkan canoe.

wisata garut situ bagendit

wisata garut situ bagendit

wisata garut situ bagendit

5. Pemandian air panas Cipanas

Pemandian air panas ini sendiri lokasinya berada di daerah Cipanas Garut. Ini adalah salah satu tempat yang paling pas untuk melepaskan penat, dan menyegarkan pikiran, dari rutinitas sehari-hari. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari alun-alun Tarogong, Anda dapat menggunakan angkutan umum, atau menggunakan kendaraan pribadi. Di lokasi ini Anda akan melihat banyak sekali tempat pemandian air panas, tidak hanya itu hotel serta rumah makan juga ada di tempat ini. Anda dapat memilih salah satu lokasi pemandian yang nyaman, sekaligus menginap di salah satu hotel tersebut, sambil menikmati indahnya pemandangan alam yang ada di lokasi tersebut. Objek wista yang satu ini biasanya dipenuhi pengunjung ketika akhir pekan tiba.

wisata garut

wisata garut

wisata garut

6. Pemandian air panas Kawah Darajat

Selain pemandian air panas yang berada di Cipanas, kawasan lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah kawasan pemandian air panas kawah Darajat. Ada beberapa wanaha menarik yang akan Anda peroleh jika mengunjungi kawasan ini, mulai dari aneka wahana outbond, dengan tarif yang cukup murah, hingga pemandangan alam yang sangat memikat. Lokasi wisata ini berada di kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Selain aneka tempat pemandian, di lokasi ini Anda juga akan mememukan aneka hotel dan rumah makan dengan harga yang terjangkau.

Wisata garut

wisata garut

7. Kawah Putih Talaga Bodas, Garut

Kawasan kawah putih sebenarnya tidak hanya ada di daerah Bandung, tapi kawah putih juga ada di kawasan Garut, tepatnya di kawasan Talaga Bodas. Kawasan yang satu ini memiliki objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pesona alam yang indah, udara pegunungan yang menyegarkan, serta hamparan bukit nan hijau. Ada beberapa fasilitas menarik yang dapat Anda nikmati ketika berada di kawasan ini, salah satunya adalah berendam air panas.

wisata garut

wisata garut

wisata garut

8. Wisata arung jeram di Sungai Cimanuk Garut

Bagi Anda yang menyukai kegiatan alam, atau senang berpetualang, tidak ada salahnya jika mengikuti kegiatan wisata arung jeram, yang berada di sungai Cimanuk Garut. Arus yang ada di kawasan ini memang cukup jeram, dan pastinya memacu adrenalin. Selain itu panorama alam yang disuguhkan sepanjang jalan ini memang cukup menarik untuk dinikmati. Anda yang ingin menguji adrenalin serta ingin menikmati pemandangan alam dari lokasi yang berbeda dapat mengunjungi objek wisata yang satu ini.

wisata garut

9. Pantai Santolo Garut

Selain objek wisata Gunung, Garut juga memiliki beberapa objek wisata pantai, salah satunya adalah pantai Santolo. Keindahan pantai yang satu ini tidak kalah cantik dengan pantai lainnya yang ada di Indonesia. Pasir pantainya yang berwarna putih, debur ombak yang tidak terlalu besar, serta pemandangan alam yang indah, menjadi salah satu daya tarik dari pantai tersebut. Pantai Santolo atau juga pantai Cilauteureun ini sendiri berada di daerah Cikelet, Pemeungkeuk, kabupaten Garut Selatan.

Tidak jauh dari lokasi pantai, terdapat sebuah pulau yang disebut dengan pulau Santolo, Anda dapat menggunakan perahu tongkang untuk mengunjungi pulau tersebut, jaraknya hanya sekitar 10 meter.

Untuk masalah fasilitas, Anda tidak perlu khawatir, di tempat ini sudah tersedia, aneka hotel, rumah makan, warung makan, dan hal lainnya.

wisata garut

wisata garut

10. Curug Orok

Curuk Orok adalah sebutan untuk salah satu air terjun yang ada di daerah Garut, Curug sendiri dalam bahasa Sunda adalah air terjun, sedangkan orok dalam bahasa sunda adalah bayi, jadi jika diterjemahkan, arti dari curug orok adalah air terjun bayi. Air terjun ini terdiri atas 2 buah, yang satu ukurannya besar, dan yang satu ukurannya kecil. Air terjun yang berukuran besar diibaratkan sebagai seorang ibu dan air terjun yang berikuran kecil diibaratkan sebagai bayi. Untuk Anda yang merasa penasaran akan air terjun tersebut tentu dapat mengunjungi Garut.

wisata garut

wisata garut

Garut
Cipanas Garut
Gunung Guntur
Jaket Kulit Garut