Wisata Cipanas Garut Yang Wajib Kunjungi

0
348 views
cipanas garut

cipanas garutKawasan wisata Cipanas Garut merupakan objek wisata andalan di Garut, jadi tidak heran jika banyak orang yang ingin berkunjung ke sana. Jadi jika kamu jalan-jalan ke Garut tidak ada salahnya untuk berkunjung di tempat wisata ini. Garut sendiri merupakan kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat.

Memiliki ibukota bernama Tarogong Kidul, kabupaten ini terkenal dengan dodol atau jaket kulitnya. Secara administratif kabupaten ini sebalah utaranya berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, sebelah timur dengan Kabupaten Tasikmalaya, bagian selatan dengan Samudera Hindia, dan sebelah barat pada Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, membuat Garut bisa menjadi destinasi wisata yang bisa kamu masukkan ke dalam list.

Lokasi wisata Cipanas Garut

Lokasi wisata ini sangat strategis, karena hanya berjarak 6 km dari pusat kota Garut sehingga mudah dijangkau. Jika kamu dari Bandung maka hanya menempuh jarak 50 km saja. Jika kamu berada di jalan utama Bandung-Garut berdekatan dengan gerbang masuk kota Garut, maka akan menemukan sebuah pertigaan jalan besar pada bagian sebelah kanan. Posisi pertigaan jalan tersebut tidak jauh dari sebuah rumah makan yang bernama Cibiuk. Kemudian kamu hanya perlu mengikuti jalan tersebut dan akan langsung sampai pada kawasan wisata Cipanas.

cipanas garut

Di sekitar kawasan ini juga terdapat banyak hotel mulai dari golongan resort hingga golongan hotel melait, jadi kamu tidak perlu bingung jika membawa rombongan apabila ingin menginap. Sebab pilihannya begitu beragam sehingga dapat kamu sesuaikan dengan budget. Namun jika kamu menggunakan transportasi umum maka dapat menggunakan angkutan umum dari Bandung menuju Garut. Kemudian kamu naik bis dari terminal Leuwi panjang atau dapat juga dari terminal Cicaheum Bandung. Atau kamu bisa juga menggunakan alternatif lainnya yaitu menggunakan angkutan umum yang bernama Elf. Namun angkutan ini sedikit tidak nyaman karena sempit sehingga kamu akan berdesakan di dalamnya. Kamu dapat juga naik bis jurusan Jakarta-Garut di Cileunyi, dimana dapat kamu temukan tepat setelah gerbang tol Cileunyi. Lalu kamu dapat turun di bundaran Tarogong yang merupakan bundaran pertama yang akan dijumpai di kota Garut. Dan melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan kota jurusan Garut-Cipanas.

Pemandian Cipanas Garut

Objek utama pada kawasan wisata ini merupakan pemandian Cipanas Garut, yang perlu kamu ingat dan perhatikan adalah Cipanas Garut merupakan suatu daerah bukan tempat wisata. Yang menjadi daya tarik tempat ini adalah air panas alaminya yang bersumber langsung dari gunung Guntur. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif, terletak sangat dekat di kawasan wisata ini. Air panas ini yang dimanfaatkan untuk dijadikan tempat wisata yang dibentuk dalam kolam, waterboom, maupun kamar rendam. Karena itu jika berkunjung ke tempat ini kamu harus menentukan ke mana, sebab banyak sekali tempat wisatanya. Serta setiap tempat wisata memiliki kelebihan serta kekurangan sendiri seperti pada segi fasilitasnya. Karena itu buatlah daftar kunjungan terlebih dahulu agar tidak membuat kamu kebingungan akibat begitu banyak tempat wisata yang indah di tempat ini. Serta dengan mandi menggunakan air panas dipercaya dapat menyembuhkan penyakit karena dapat melancarkan peredaran darah serta menghilangkan penyakit kulit. Dan juga air panas dapat membuat kamu rileks sehingga dapat menghilangkan penat dari rutinitas.

Waterboom Cipanas Garut

Salah satu wahana yang disediakan di tempat wisata ini adalah waterboom, di sini kamu dapat bermain air panas dengan sepuasnya apalagi terdapat wahana permainan di dalamnya. Sehingga sangat cocok jika membawa anak-anak. Dan juga terdapat kolam-kolam sehingga orang dewasa juga dapat ikut berendam, wahana yang disediakan juga khas waterboom salah satunya ember tumpah atau perosotan air.

cipanas garut

Namun yang membedakan adalah airnya hangat, apalagi tempat ini masih dikelilingi gunung. Jadi sambil bermain air kamu dapat menikmati pemandangan agar pikiran menjadi santai. Dan juga jika kamu membawa balita ke tempat ini juga sangat pas, karena tempat wisata di sini didesain untuk keluarga atau rombongan besar seperti anak sekolahan yang ingin berlibur bersama teman sekelas. Dan juga fasilitas yang disediakan sudah lengkap dan bagus, ditambah lagi suhu air yang dapat ditahan oleh anak-anak semakin membuat menarik tempat ini.

Pemandian Cienggang Garut

Di dalam kawasan wisata ini terdapat juga tempat pemandian yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti penyakit kulit. Dan juga suhu air di pemandian ini lebih tinggi dibandingkan dengan tempat wisata lain jadi dikhususkan untuk mereka yang sanggup menahan hawa panasnya. Jadi tidak heran jika pemandian ini banyak diisi oleh orang dewasa atau orang yang lanjut usia. Dan juga fasilitas yang disediakan belum sebaik dan selengkap tempat wisata lain, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang sebab mereka datang untuk mendapatkan manfaat sekaligus untuk merilekskan pikiran. Karena berendam di air panas sama seperti kita melakukan terapi namun dengan cara yang alami.

cipanas garut

Harga tiket masuk ke kawasan Cipanas Garut

Untuk masuk ke kawasan Cipanas Garut kamu tidak akan dipungut biaya untuk mendapatkan tiket masuk, namun jika kamu ingin masuk ke masing-masing tempat wisata tentunya akan dipungut biaya untuk tiket masuk. Namun untuk keluar masuk ke gerbang sentral kamu dapat bebas sebab tidak dipungut biaya.

cipanas garut

Hotel di Cipanas Garut

Selain terdapat waterboom dan tempat pemandian lainnya, pada kawasan ini terdapat juga beberapa hotel jika kamu ingin menginap. Tidak ketinggalan juga hotel ini juga memanfaatkan air panasnya untuk dijadikan kolam. Dan juga karena terletak dekat dengan gunung tidak heran pemandangannya juga indah sehingga cocok untuk didirikan hotel. Dan juga membludaknya pengunjung ke tempat ini tentu memerlukan tempat istirahat. Dan juga terdapat beberapa pilihan hotel sehingga dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Dan fasilitas yang disediakan hotel-hotel di sini juga lengkap mulai dari kola, cafe, restauran, hingga waterboom.

cipanas garut

Objek wisata yang menarik lainnya

Selain dapat bermain air, banyak tempat wisata lain yang ditawarkan oleh Cipanas Garut. Seperti dapat mendaki gunung Guntur karena treknya yang mudah sehingga banyak anak pecinta alam yang pergi. Apalagi pemandangan di atas puncaknya cukup indah, gunung ini juga termasuk dalam gunung berapi yang masih aktif di Jawa Barat. Dari Cipanas gunung ini dapat terlihat dengan jelas apalagi memiliki ciri khas yaitu tidak ada pepohonan yang tumbuh. Dan juga di kaki gunung terdapat air terjun, namun untuk sampai kamu harus mendaki sedikit. Namun karena terdapat aktivitas penggalian pasir yang tidak terkontrol maka kondisi kaki gunung Guntur menjadi rusak, sehingga sulit untuk sampai ke tempat ini. Dan inilah tentang kawasan Cipanas Garut yang sangat sayang jika kamu tidak kunjungi.

 

 

cipanas garut