Waspadalah, Copet Gergentayangan Ikut Serta Berwisata

0
68 views
Salah Satu Potensi Wisata Garut.

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 12/07 – 2016 ).

Salah Satu Potensi Wisata Garut.
Salah Satu Potensi Wisata Garut.

Meski aparat kepolisian disiagakan pada sejumlah kawasan obyek wisata di Kabupatenb Garut selama berlangsung musim liburan Lebaran Idul Fitri 1437 H/2016 ini, tetapi aksi kejahatan terutama pencopetan tetap terjadi di beberapa kawasan obyek wisata tersebut.
Diduga para pelaku sengaja mengalihkan modus operasinya di keramaian pengunjung obyek-obyek wisata. Sebelumnya mereka biasa beraksi di dalam angkutan umum maupun di tengah keramaian warga berbelanja kebutuhan berlebaran di pusat-pusat perbelanjaan di kawasan perkotaan selama Ramadlan menjelang Idul Fitri.

Sedangkan modus kejahatan dilakukan di antaranya menyobek tas milik korban, menghipnotis, atawa mengambil barang saat pemiliknya lengah. Banyak korban kehilangan uang, perhiasan, maupun telepon genggam, serta barang berharga lainnya.

“Modusnyam, mereka berbaur berdesak-desakan dengan pengunjung. Tadi juga saya curiga, ada dua lelaki dan perempuan terus menguntit saya berdesak-desakan pas mau masuk obyek wisata. Tak tahunya, dompet saya hilang, di dalamnya terdapat SIM, STNK, KTP, ATM, dan uang Rp1,5 juta,” ungkap Rustandi (53), penduduk Kampung Kondangrege Kelurahan Regol Kecamatan Garut Kota, Senin (11/07-2016).

Korban lainnya, Asep Permana (40) warga Kampung Godog Makam Desa Lebakagung Kecamatan Karangpawitan. Dia pun kehilangan telepon genggam, dan sejumlah uang ketika asyik berendam air panas di kawasan pemandian air panas Darajat Pasirwangi.

“Saya baru tahu kecopetan sesuai beres berendam. Tas saya tak ada lagi di tempatnya. Padahal di dalamnya ada HP, dan uang Rp3 jutaan. Ternyata, saya ngobrol dengan yang lain, katanya ada lima orang senasib dengan saya, kecopetan,” ujar Asep.

Aksi kejahatan seperti pencopetan rentan terjadi di sejumlah obyek wisata seiring banyaknya obyek wisata diserbu pengunjung menghabiskan waktu liburan Idul Fitri di tempat itu. Ribuan pengunjung memadati beberapa obyek wisata unggulan di Garut.

********

( nz, jdh ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here