Warga Miskin Garut Prioritaskan ‘Melon’ Ketimbang Penciteraan Pilkada

0
81 views
Keluar - masuk gang Mencari Penjual Gas Melon berkapasitas Tiga Kilogram.

“Mengaku Sering Kaki ‘Gempor’ Mencari Gas Melon”

Garut News ( Rabu, 03/01 – 2018 ).

Keluar – masuk gang Mencari Penjual Gas Melon Berkapasitas Tiga Kilogram.

Warga miskin di Kabupaten Garut, Jawa Barat, terutama kalangan ibu-ibu lebih memprioritaskan bisa memeroleh pembelian gas elfiji berkapasitas tiga kilogram, dikenal dengan sebutan ‘gas melon’ daripada memikirkan ‘penciteraan’ menghadapi Pilkada serentak 2018.

Lantaran salah – satu komoditas pokok tersebut, selama ini kerap mendadak – sontak menghilang dari peredaran, sehingga meski bisa diperoleh tetapi dengan harga pembelian yang acap mencapai di atas Rp25 ribu per tabung.

Ibu-ibu Miskin Mengaku Sering Kakinya Merasa ‘Gempor Mencari Gas Melon.

Demikian dikeluhkan kalangan ibu di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul termasuk Ny. Mae (36) kepada Garut News di Kampung Panawuan Kelurahan Sukajaya, Rabu (03/01-2018).

“Sejak pagi saya bersama tetangga keluar – masuk gang mencari gas melon, ternyata bisa diperoleh di Kampung Gordah Jayawaras pada tengah hari ini,” ungkap Ny. Mae pula.

Dia pun mengaku heran, setiap bulan bahkan setiap dua pekan sering terjadi kelangkaan penjualan barang bersubsidi ini, padahal sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan memasak.

Kalangan ibu miskin pun, banyak yang mengaku sering kakinya merasa ‘gempor’ mencari gas melon.

Berkeliling Cari Gas Melon.

Ungkapan senada juga dikatakan Haris dan rekannya Iman, nyaris hingga tengah hari berkeliling berboncengan menaiki sepeda motor kemana – mana untuk membeli gas melon, ujarnya.

Dalam pada itu, “Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah” (Pilkada) 2018 bakal digelar serentak pada 171 daerah di Indonesia. Dengan diikuti 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota.

Maka sejak beberapa bulan lalu pun, merebak – marak hingar bingar ragam persiapan termasuk barangkali penciteraan ditampilkan para bakal pasangan calon, yang berencana mendaftarkan┬ápasangan calon pada 8-10 Januari 2018.

Selama ini masing – masing berupaya maksimal menarik simpatik masyarakat, namun ironis terkait sering menghilangnya gas melon di pasaran, serta harga jual yang melambung. Tidak serta merta bisa ditanggulanginya.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here