Wahana Berbiaya Murah Milik India Mencapai Mars

Garut News ( Senin, 29/09 – 2014 ).

Mangalyaan. (BBC).
Mangalyaan. (BBC).

– India berhasil menjadi negara Asia pertama yang menempatkan satelit di orbit Mars.

Mangalyaan, salah satu wahana antariksa berbiaya paling murah, berhasil masuk ke orbit Mars pada Rabu (24/9/2014). Wahana itu akan segera bekerja mempelajari atmosfer planet merah.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengatakan bahwa pencapaian negaranya kali ini sebenarnya “hampir tidak mungkin.”

Sejauh ini, hanya Amerika Serikat, Rusia, dan Eropa yang mampu menempatkan wahana antariksa di Mars.

Pencapaian India luar biasa. India mengalahkan Amerika dan Uni Soviet karena mampu mengorbitkan wahana antariksa di Mars pada upaya pertama.

Sebelumnya, pada Senin (22/9/2014), wahana antariksa MAVEN milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) juga memasuki orbit Mars.

NASA mengucapkan selamat pada India atas keberhasilannya. “Kami mengucapkan selamat pada @ISRO atas kedatangannya di Mars. @MarsOrbiter bergabung dalam misi untuk mempelajari Mars,” demikian tweet NASA hari ini.

Menit-menit sebelum Mangalyaan mengorbit Mars, tampak kegembiraan sekaligus ketegangan di pusat pengendalian misi Mangalyaan di Bangalore.

Para ilmuwan, banyak diantara mereka yang perempuan dan muda, duduk di depan komputer untuk memantau perkembangan wahana itu.

Sebuah layar besar berada di depan ruangan, terus menampilkan data, grafik dan perkembangan operasi.

Teriakan pertama keluar ketika mesin cair Mangalyaan bekerja, tanda bahwa wahana itu telah masuk dalam wilayah yang dipengaruhi gravitasi Mars.

Kemudian, ada 20 menit yang menyiksa, saat Mangalyaan menghilang di belakang Mars dan di luar jangkauan.

Namun, saat Mangalyaan akhirnya terkonfirmasi memasuki orbit Mars, semua ilmuwan bertepuk tangan, saling “tos”, dan berpelukan satu sama lain.

Direktur Operasional Misi Mangalyaan, BN Ramkrishna, menggambarkan, “Keberhasilan ini seperti memukul bola golf dari Bangalore ke London dan benar-benar masuk”.

“Ini benar-benar sangat tepat,” ungkapnya seperti dikutip BBC, hari ini.

Modi mengatakan, “Hari ini, semua orang India harus memberi ucapan selamat kepada ilmuwan kita. Sekolah dan perguruan tinggi harus bertepuk tangan.”

Mangalyaan adalah wahana berbiaya hanya 74 juta dollar AS, membuatnya menjadi salah satu wahana antariksa termurah. MAVEN berbiaya 671 juta dollar AS.

Mangalyaan diluncurkan dari Sriharikota, wilayah pantai di Bengal pada 5 November 2013. Target wahana ini adalah mempelajari keberadaan metana di atmosfer Mars yang menjadi salah satu petunjuk adanya kehidupan di Mars.

*******

Editor : Yunanto Wiji Utomo/Kompas.com

Related posts