Wahai Wakil Rakyat..Nasib Garut Ditanganmu

Oleh : Heri Kuswara

(Ketua Umum GEMA ASGAR Jakarta)

Jakarta, Garut News ( Rabu, 13/08 – 2014 ).

Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Garut Masa Jabatan 2014-2019, Rabu (13/08-2014). Foto : John Doddy Hidayat.
Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Garut Masa Jabatan 2014-2019, Rabu (13/08-2014). Foto : John Doddy Hidayat.

Hari ini, Rabu 13 Agustus 2014 sebanyak 50 anggota DPRD Garut  terpilih periode 2014-2019 dilantik Ketua Pengadilan Negeri setempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD.

Sebanyak 20 di antaranya merupakan wajah lama.

Terlepas adanya ketiakpuasan dari caleg gagal dan beragam elemen organisasi/forum, dan adanya isu praktik politik transaksional, tentunya kudu dibuktikan dan diselesaikan melalui jalur hukum, pelantikan kudu tetap dilaksanakan sesuai amanat undang-undang.

Heri Kuswara. (Ist).
Heri Kuswara. (Ist).

Terlepas pula, masih adanya kekurangan di sana sini, sepatutnya kita pelaku dan saksi pesta demokrasi ini memberikan apresiasi pada penyelenggara pemilu, KPUD dan PANWASLU Garut menyelenggarakan, dan mengawasi pemilihan umum legislatif  ini secara optimal.

Mungkin banyak dari kita terbersit keraguan terhadap komposisi wakil rakyat terpilih, bakal duduk di gedung parlemen Garut lima tahun ke depan, dari sisi personal profil maupun prestasi, namun harapan besar sewajibnya kita percayakan pada mereka wakil rakyat yang legitimite guna membawa perubahan Garut lebih cepat.

Cepat dalam implementasi kebijakan peningkatan program pendidikan, kesehatan, ekonomi, infra struktur, dll.

Sebagai salah satu dari dua daerah tertinggal di Jawa Barat, Garut mewariskan “PR” bagi seluruh anggota DPRD terpilih dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab besar, yakni bersama-sama dengan pemerintah kabupaten juga baru terpilih menghapuskan Garut dari status daerah tertinggal.

Sebagai wakil rakyat, mereka kita harapkan benar-benar mewakili Rakyat Garut, bukan hanya sebatas konstituen atawa golongannya dalam  mengaspirasikan kebutuhan dan kepentingan Rakyat Garut.

Melihat tugas anggota DPRD begitu besar, di antaranya : (1) Membentuk Peraturan Daerah dibahas dengan Kepala Daerah, (2) Menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah bersama dengan Kepala Daerah, (3) Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah, Peraturan perundang-undangan dan Peraturan lainnya (4) Meminta laporan pertanggungjawaban Kepala Daerah dalam pelaksanaan tugas desentralisasi, dan tugas lainnya diatur undang-undang.

Tentu seorang anggota dewan kudu mempunyai kredibilitas dan kapabelitas mumpuni melaksanakan tugas-tugas diatas, tiga fungsi utama melekat pada anggota DPRD yaitu fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan mewajibkan mereka semua harus memahami dan menguasai ilmu pengetahuan berhubungan ketiga fungsi utama tersebut.

Siapapun dan seperti apapun profil dari caleg terpilih, selayaknya kita hargai dan hormati serta memberikan kesempatan mereka bisa bekerja dan mengabdikan dirinya  semata demi kepentingan rakyat,  bukan melakukan ‘transaksi’ kepentingan pribadi selalu menghitung ‘untung rugi’ namun betul-betul keberadaannya hanya untuk  melayani rakyatnya sendiri.

Kita sebagai rakyat memberikan mandat kepada mereka (anggota DPRD) tentunya tak boleh tinggal diam saja, perlu pengawasan terus menerus agar tak ada celah bagi mereka melakukan sesuatu di luar kepentingan rakyat.

Praktik-praktik seperti korupsi, kolusi, koncoisme, nepotisme dan menurunnya kinerja anggota dewan mudah ditemukan apabila kita sebagai pemberi mandat juga turut mengawasi mereka.

Akhir kata, selamat dan sukses pada 50 anggota DPRD Garut terpilih, tugas dan tanggungjawab besar di depan Bapak/Ibu, kami meyakini tanpa keraguan dengan segenap niat baik dan  kemampuan Bapak/Ibu, Garut akan menjadi daerah Maju, baik dari sisi pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Infra Struktur, dll.

******

Related posts

Leave a Comment